Monarch #day4


Pernah dengar cerita tentang kupu-kupu Monarch?



Pernah dengar cerita tentang kupu-kupu Monarch?

Kupu-kupu Monarch merupakan spesies kupu-kupu yang merupakan raja dari kupu-kupu. Monarch memiliki siklus migrasi setiap tahunnya. Mereka ber Hijrah dari selatan ke utara di setiap awal tahun, dari hutan mexico menuju hutan di Amerika. Hal ini bertujuan untuk mencari tempat yang hangat untuk terus melanjutkan hidup. Namun ada sebuah kisah pilu yang ternyata tersimpan dibalik hijrahnya kupu-kupu Monarch. Yaitu sebuah cerita kebertahanan.

Alkisah dalam sebuah hijrah di sebuah bilangan tahun. Sekumpulan kupu-kupu Monarch tengah bersarang di hutan Amerika. Musim dingin sepertinya tiba lebih awal. Elianor gadis tercantik di rombongan pun mulai mempersiapkan dirinya. Mempersiapkan sayapnya yang begitu menawan. Beberapa kali bahkan membuat pria-pria di rombongannya tertambat hatinya. elianor tengah mengepak sari madu untuk perbekalan selama perjalanan menuju hutan yang lebih hangat. Hingga tiba-tiba ibunya menghampirinya.
" sudah selesai mengepak? " tanyanya begitu lembut.

" sudah bu, " jawabnya tak kalah lembut "ibu sudah selesai mengepak?". Ibunya tidak menjawab hanya mengangguk. Sang ibu kemudian memeluk elianor erat, " elianor, kau sudah tau kan bagaimana cerita hijrah monarch ke hutan hangat?" Tanya ibunya sambil membelai sayapnya.

" tidak akan ada kupu-kupu yang mampu bertahan hingga tujuannya. Perjalanan kita akan begitu jauh. Bahkan berbulan-bulan nanti, kita bisa saja kehilangan satu sama lain." Lanjut ibu elianor, sambil sesekali menyeka matanya.

" pada setiap hijrah monarch biasanya hanya mampu bertahan 3-5 hari dalam perjalanan. Mereka kebanyakan kelelahan, mengikuti arah rombongan."

" buu, bisa kah kita tidak membicarakan ini. Ini hijrah pertama Elianor. Aku tahu ibu, tidakkah ibu ingat? Dulu ibu bahakan pernah menjadi kupu-kupu tertangguh karena mampu bertahan hingga 2 hutan dan 2 metamorfosa"

" tidak elianor, ibu sudah tidak muda lagi"
" bu, Elianor yakin, ibu dan elianor pasti sanggup untuk bertahan lebih lama. Meskipun kita tidak bisa berhijrah hingga mexico"

Keduanya hanya saling tatap. Hingga larut malam, mereka masih terus berbincang-bincang. Mungkin saja ini jadi perbincangan terpanjang, sebelum Hijrahnya dimulai.

Bagi kupu-kupu Monarch, hijrah bukan hanya sebuah perpindahan. Hijrah juga berarti sebuah perjalanan. Perjalanan yang tidak sepi akan rintangan. Kebertahanan merupakan sebuah keharusan. Hidup dan mati bukan sebuah pilihan. Mereka adalah kepastian. Jika tidak hidup maka mereka harus mati. Permasalahannya hanya satu, mereka mampu hidup di hutan persinggahan yang keberapa, atau mampu bertahan di metamorfosa ke n kali. Atau bahkan, mereka bisa jadi harus meninggal di hari ke sekian perjalanan mereka.

Keesokan harinya, Ketua rombongan sudah memutuskan kapan monarch di timur pegunungan rocky mulai hijrah. Dua hari lagi mereka akan memulai perjalanan. Seluruh rombongan mulai mempersiapkan pelatihan, mempersiapkan makanan dan amunisi untuk perjalanan mereka.

Tahun ini Monarch akan berhijrah lebih cepat. Hal ini karena musim semi datang jauh lebih dini. Biasanya mereka akan mulai berhijrah di akhir bulan agustus. Namu di tahun Ini tanggal 12 Agustus rombongan sudah mulai harus berhijrah untuk mencari hutan yang lebih hangat.

Dua hari lagi. Ya dua hari lagi, monarch akan berhijrah. Elianor begitu antusias mendengarnya. Dua hari lagi dia akan melakukan perjalanan menakjubkan. Keluar dari hutan hangatnya yang cukup menyenangkan. Melihat dunia luar. Terbang jauh. Namun ia juga sedih. Karena perjalanan yang akan dilakukannya terang saja penuh risiko dan rintangan. Terlebih mengingat ucapan ibunya dimalam sebelumnya.

*bersambung

No comments:

Post a Comment