Sayangi aku karena Imanku




Sayangi aku karena Alloh. Maka kamu tidak akan pernah lelah menyayangiku.

Sayangi aku karena Alloh. Maka kamu tidak akan pernah lelah menyayangiku.


Tidak ada yang lebih indah dari cinta yang didasarkan karena Alloh. Tidak ada yang lebih manis dari menyayangi seseorang karena kecintaan kita pada Alloh. Saya selalu saja mendambakan jadi wanita paling bahagia yang mampu disayangi dengan baik. Disayangi bukan karena kepiawaian saya dalam berdandan. Atau karena kepandaian saya dalam merangkai kata atau yang lainnya.

Saya berharap ada yang mampu menyayangi saya karena iman yang saya miliki. Dia menyayangi saya karena kecintaan saya pada Alloh. Karena bagi saya, saya tidak punya kriteria untuk suami saya kelak. Yang saya harapkan dia adalah pria yang mampu bertanggungjawab atas ibadahnya. Mematuhi segala perintah Tuhannya. Dan menyayangi Alloh diatas apapun. Karena saya yakin, pria yang menyayangi Alloh dengan baik maka dia mampu pula menyayangiku dengan baik kedepannya.

Kalau nanti suamiku tampan itu adalah bonus. Karena ketampanan tidak mampu jadi sesuatu yang abadi. Ketampanan mampu saja luruh dimakan keriput. Karena cantik saja tidak mampu menemanimu hingga senja diujung usia nanti. Kamu gabisa kan hidup cuma dari ketampanan. Apa marah bisa jadi reda setelah melihat ketampanan pasanganmu?. Apakah kesedihan bisa diobati dengan melihat kecantikan pasanganmu?. Kamu butuh cinta yang baik untuk mengobatinya. Kamu butuh sayang untuk melewati segalanya bersama. Karena hanya iman yang mampu menguatkan langkah kaki. Hanya iman yang mampu menegakkan tubuh. Hanya iman yang mampu menjadi pegangan dalam melangkahkan kaki. Hanya iman yang mampu menjadi sayang yang baik.

Maka, jika nanti kau jatuh cinta padaku kuharapkan jatuhi aku cinta karena imanku. Jatuhi aku sayang yang berdasarkan kasihmu pada Alloh. Supaya kelak aku tidak harus menjadi takut kalau kamu bisa saja pergi karena lelah menyayangiku. Karena iman tidak akan pernah habis dimakan waktu.

Dan yang aku tahu, aku tengah menyayangi manusia, yang sewaktu-waktu berubah, sewaktu-waktu hilang, sewaktu-waktu pergi.

Keterpisahan


Tidak ada yang sederhana dari sebuah perpisahan. Karena berpisah mungkin saja menjauhkan dua manusia yang sebelumnya pernah jadi sangat dekat.



Tidak ada yang sederhana dari sebuah perpisahan. Karena berpisah mungkin saja menjauhkan dua manusia yang sebelumnya pernah jadi sangat dekat.
Sangat sayang. Menjadi dua manusia yang hanya pernah kenal.


Apa yang mudah di terima dari sebuah perpisahan? Banyak orang akan menjawab tidak ada. Apa yang bisa di ikhlaskan dari sebuah perpisahan? Banyak yang menjawab tidak ikhlas.

Namun percayalah tidak semua perpisahan itu buruk. Bisa jadi Tuhan tengah memberikan jarak diantara kamu supaya kamu mampu mensyukuri bahwa kebersamaan adalah sebuah anugrah.

Mungkin saja Tuhan sengaja memberi jarak diantara kalian supaya rindu mampu mengisi kekosongan diantaranya. Supaya kalian yakin apakah benar memang dua hati dari masing-masing kamu tengah saling menyayangi dengan baik. Atau hanya sedang berusaha memberi rasa kebaik-baik-saja-an.

Tidak semua keterpisahan itu buruk bukan? Meskipun nyatanya tidak semua keterpisahan mampu diterima dengan baik. Tidak semua pisah mampu dihadapi dengan tegar. Tak apa menangis, toh menangis tidak membuatmu jadi berdosa. Hanya saja cukupkan ketika kamu sudah lelah. Namun jangan lantas berhenti setelahnya. Ketika kamu mulai lelah menangis maka cobalah untuk tersenyum. Cobalah untuk menggapai apa-apa yang sempat tertunda atau mungkin terabaikan.

Keberpisahan bukan sesuatu yg diinginkan banyak orang. Siapa yang ingin berpisah dari orang yang dia sayang. Hanya saja Tuhan selalu punya rahasia dibalik keterpisahan. Percayalah bahwa Tuhan punya cerita lain dibalik keterpisahan ini.

Ps : halo nduty!. Semoga kamu selalu dipeluk banyak kebahagiaan. Kalo aja kamu tau aku belum pernah menemukan seorang lakilaki yang membuatku merasa bahwa bermimpi begitu mudah bersama kamu. Seorang pria yang bersamanya aku mampu menjadi diriku sendiri. Yang bersamanya aku tidak perlu takut mencoba hal baru. Hhee aku percaya ketetpisahan ini bukan caramu menghukumku. Kamu hanya tengah menyayangiku dengan baik dan memperlakukanku selayaknya perempuan. Terimakasih sudah mewarnai hidupku sebelumnya.
Lalu masihkah aku boleh bermimpi untuk jadi teman hidupmu nantinya?. Hhheeeee ai ayo semangat. Mamanya Indy sama Anca harus kuat kan?



sedang kangen yang berlebihan. Lalu tidak bisa apaapa.

sedang kangen yang berlebihan. Lalu tidak bisa apaapa.
Sedang punya perasaan yang tidak karu-karuan. Lalu tidak bisa apaapa. 

Hanya sedang berharap, mampu mendarat di dekapanmu. Lalu menarik nafas disana dalamdalam. Karena beberapa lelah bisa disembuhkan dengan sebuah peluk. 

"
Hayyy! Aku rela dari hutan lalu lari kepantai. Kalau saja disana ada pelukan hangatmu yang mampu menyeserhanakan hari-hari yang jadi rumit dan tidak sederhana ini
                                                                                                                                       " 

Capt!


Terkadang kita butuh jujur pada diri kita, bahwa kita tidak mampu. Bahwa kita butuh bantuan orang lain. Terkadang menyerah bukan berarti kalah.



Terkadang kita butuh jujur pada diri kita, bahwa kita tidak mampu. Bahwa kita butuh bantuan orang lain. Terkadang menyerah bukan berarti kalah. Kita hanya perlu menyadari tidak semuanya mampu kita lakukan sendiri. Haloo kamu bukam captain america ay!

Sedang ingin meledak(lagi). Kebiasaan kalau sudah mulai kecewa sama orang, ai bakalan kaya gini kan?. Marah sendiri. Capek sendiri. Sekalinya marah itu udah explode kaya gunung meletus. Tapi habis marah-marah nyesel. Ngerasa berdosa banget.

Bukan saya soksokan gapernah marah. Cuma suka bingung gimana caranya mengekspresikan marah sama orang. Ujung-ujungnya mewek sendiri di kasur. Terus ketiduran. Tapi masalahnya ngga selese pake nangis ay. Masalahnya ga takut sama air mata kamu.

Selepasnya beberapa orang mungkin akan hadir untuk sekadar menyemangati.

Ada mungkin yang sekadar mengirim pesan " semangat ai, ai bisa kok"
Atau
" ai ndak apa kan?, apa yang bisa dibantu?, ai semangat ya :)"

Atau mungkin ada beberapa yang bilang
" ai jangan banyak mengeluh ya catik " . Tapi saya selalu gagal paham sama yang ini. Apa salahnya mengeluh?.  Kamu bukan superhero yang bisa terus-menjadi-orang-yang-terlihat-baik-baik-saja-saat-semuanya-jadi-dilimpahkan-padamu. Apasalahnya terlihat lemah?. Saya bukan manusia yang mampu bertahan dibalik kepura-puraan. Saya benci menjadi bohong untuk menjadi kuat. Padahal saya benar-benr butuh bantuan.

Beberapa orang mungkin akan terus menjadi (terlihat) kuat untuk sekedar (terlihat) mampu menapaki semuanya. Beberapa manusia mungkin terkadang jadi pandai bersandiwara hanya karena malu terlihat lemah. Lalu apa salahnya menjadi lemah sebentar?. Apa salahnya untuk tidak menjadi orang yang terlihat tegar?. Apa salahnya meminta bantuan.

Toh kamu bukan captain america yang punya tameng lalu bisa menerobos seluruh halang rintang yang ada. Kamu juga bukan thor yang punya palu yang keren buat mecahin setiap masalah yang kamu hadapin. Kamu bukan snow white yang bisa purapura mati terus dicium pangeran lalu hidup bahagia. Kamu bukan olaf orang-orangan salju yang bisa hidup di musim panas terus pake celana kolor kemanamana.

Kamu itu manusia yang emang sudah ditakdirkan untuk tidak bisa hidup sendiri dari jaman kamu sampe ke bumi. Waktu lahiran emang kamu lahir keluar sendiri? Engga kan? Ada bu bidan yang mbantuin. Terus waktu bayi kamu laper emang kamu bisa makan sendiri?. Engga kan? Kamu masih disuapin ibuk buat makan bubur nestle.

Tapi bukan berati kamu jadi bergantung dengan orang lain. Kamu harus tetap mampu jadi orang yang kuat, dengan porsi yang sepantasnya. Tetap tidak boleh manja. Apa yang bisa kamu lakukan sendiri tetap kamu lakukan sendiri semampunya.

Jangan lalu menjadi gengsi untuk minta tolong. Minta tolong bukan berati lemah. Hanya saja minta tolonglah sewajarnya. Jangan lantas jadi merepotkan.

Mungkin manusia masih harus banyak mengkoreksi apa itu mandiri, apa itu kuat, apa itu gengsi. Karena mereka punya porsi untuk setiap waktunya.

Mungkin aku cuma sedang butuh duduk di kedai kopi. Mungkin aku cuma sedang butuh dipeluk kamu. Katanya pelukan mampu membuat seseorang merasa baik-baik saja dihari paling menyebalkan sekalipun.
" aku mau pergi ke hutan lalu lari ke laut, kalo disana ada pelukan hangatmu yang siap menungguku di hari paling melelahkan ini sayang" - falafu

Fyi :sebenernya gambar di post kali ini mau pake gambarnya si marvel captain america. Kalo engga gambar iron man wkwkwk. Tapi kok jd ga matching gituhahaa. Anyway thanks to my lovely captain yang udah sabar tadi malem ndengerin putri saljunya mewek tapi ditahantahan soalnya malu mewek di indomaret. Makasih udh ditemenin makan. Makasih udah tau kapan harus jadi bawel, kapan harus jd pendengar yang baik. Kok aku ngomelngomel terus ya, mungkin harus cek tanggalan. Maafin yang jd imbas omelan ai. Hwaaaa merasa bersalah banget hari ini.

Bawang Goreng


Karena seharusnya sayangmu mampu bekerja seperti bawang goreng sayang, mampu melengkapi setiap kekuranganku. Seburuk apapun itu.

Karena seharusnya sayangmu mampu bekerja seperti bawang goreng sayang, mampu melengkapi setiap kekuranganku. Seburuk apapun itu.

Bagi saya bawang goreng itu merupakan salah satu hasil penemuan ajaib ibu-ibu jaman dulu dalam usahanya mem-per-enak masakannya. Karena tidak bisa dipungkiri bawang goreng selalu saja mampu hadir dalam kondisi apapun. Bawang goreng mampu saja menjadi pelengkap apapun jenis makanan yang ada. Mau itu dari masakan padang sampe masakan makasar. Meskipun saya belum pernah makan bawang goreng pake papeda, tapi saya yakin rasanya juga tidak akan terlalu aneh.

Bawang goreng mampu dengan kesederhanaannya melengkapi setiap makanan yang ada. Membuat aroma makanan menjadi lebih harum, atau membuat masakan jadi lebih terasa e n a k.

Saya mungkin salah satu pecinta bawang goreng. Dan saya ngga bisa makan nasi goreng tanpa bawang goreng. Entahlah rasanya seperti ada yang hilang. Dan semuanya selalu saja jadi perfect kalo ada bawang goreng. Dulu waktu kecil saya sudah sering ditinggal mama dan bapak pergi ke luar kota. Bisa ditinggal sampai dua atau tiga hari. Dan mama tidak pernah khawatir ketika meninggalkan saya dirumah sendirian. Biasanya mama juga sudah menitipkan uang ke tetangga untuk membuatkan saya makanan. Dan tetangga itu tidak pernah keberatan kalau dititipin saya sama mama. Katanya kalau ditanya

" kalau dititipin yayang itu seneng, dia makannya ngga ribet dikasih aja bawang goreng ntar juga diem".

See, sejak kecil bahkan bahagia ku selalu jadi sederhana. Meskipun ditinggal mama dan bapak keluar kota yang jauh tapi saya masih bisa hidup tenang ketika ada bawang goreng. Lihat betapa bawang goreng mampu menyederhanakan hal-hal rumit.

Lalu seperti itu aku ingin terlihat dimatamu sayang. Dengan seluruh kesederhanaanku, aku hanya ingin mampu jadi perempuan sederhana yang mampu membuat harimu jadi terasa lebih baik lagi.

Seperti bawang goreng aku ingin jadi pelengkap. Pelengkap yang mampu melengkapi apa yang kurang dari celahmu. Apa yang kosong dari hidupmu. Menyederhanakan hal-hal rumit dalam hidupmu seperti membantumu memutuskan pilihan ingin kerja dimana, menjadi RnD atau jadi Qc?. Akupun Ingin jadi perempuan yang nanti akan membantumu menjawab pertanyaan anak-anak kita kelak seperti "papah kenapa aku bisa lahir?", dan pertanyaan jebakan lainnya.

Aku ingin jadi perempuan yang selalu mampu membuatmu merasa ke-baik-baik-saja-an ketika aku ada. Disampingmu. Perempuan yang membuatmu percaya, bahwa bermimpi merupakan sesuatu yang menyenangkan. Dan kita tidak perlu berlari mengejarnya. Kita akan berjalan sambil sesekali menertawakan awan.


Ps : menulis ini diselasela kuliah ekonomi koprasi. Lalu kangen nasi goreng mbah tuo yang dulu jualan di perempatan a.yani. nasi goreng kesukaan saya sama bapak. kalau habis makan disitu pulangnya selalu lewat sma 2, terus di depan situ selalu bilang, "besok yayang sekolah disini ya pak" dan terkabul!. See bermimpi itu mudah sayang :)

Tidak ada


Percayalah sayang kita akan bermimpi sebagaimana mestinya, karena aku takkan membiarkanmu menjanjikanku hal yang tak dapat kau tepati - ai

Percayalah sayang kita akan bermimpi sebagaimana mestinya, karena aku takkan membiarkanmu menjanjikanku hal yang tak dapat kau tepati - ai

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari memiliki seseorang yang dengan sabarnya mendengarkan seluruh ocehanmu setiap kamu butuh di dengarkan. Dia yang dengan sabar mendengarkan ceritamu tentang betapa menyebalkannya teman-temanmu yang lupa mengumpulkan materi presentasi atau dosenmu yang lagi-lagi memergokimu tertidur dikelas. Bagaimana dia membuatmu terus tertawa ketika harimu jauh dari kata menyenangkan.

Tidak ada yang lebih membahagiakan dari memiliki seseorang yang dengan kehadirannya mampu membuatmu merasa jauh lebih lega. Senyumnya yang tidak hanya menawanmu, tapi juga mencerahkan harimu yang kerap temaram. Nasihatnya yang membuatmu yakin bahwa setiap masalah selalu punya jalan keluarnya.

Tidak ada yang lebih patut di syukuri ketika kamu memiliki seseorang yang meskipun sudah berkali-kali kamu menceritakan hal yang sama dalam hidupmu, lalu dia berkali-kali berpura-pura dengan antusiasnya mendengarkan ceritamu. Seperti baru pertama kali mendengarkannya. Meskipun terbayangkan betapa membosankannya hal itu, tapi dia terus bertahan. Hanya untuk mendengarkan cerita lucumu demi melihat senyum yang mengembang diwajahmu.

Tidak ada lagi yang aku inginkan selain kamu. Yang selalu mampu menjadi sesosok pelipur dari hari yang temaram. Yang senyumnya bukan hanya sekedar senyum tapi juga terang ketika hariku jadi tak sederhana. Yang hadirnya selalu mampu membuat aku percaya bahwa mimpi-mimpiku menjadi jauh lebih mudah untuk digapai.

Karena bersamamu bermimpi jadi jauh begitu menyenangkan sayang.

Teruslah ada dan jangan kemanamana - falafu


Ps : menulis ini di selasela menghela nafas di atas secangkir teh hangat. Bogor sepertinya sudah lama tidak hujan(lagi)

Random


Conversation di whatsapp malam ini bersama sahabat kesayangan



Conversation di whatsapp malam ini bersama sahabat kesayangan
Ai : yagitu fiii, intinya dia ngga ngijinin aku untuk mengembangkan perasaan itu
Fian : mungkin dia ngga mau ambil risiko
Ai : mungkiin
Fian : yaudah sih lupain
Ai : ga semudah kaya ngilangin bisul sihyaa
Fian : Dianya sendiriloh yang gak mau disukain takut nanti kmunya sakit hati. Ituhh udah menegaskan klo dia cwo yg ga mau berjuang dari awal dan gak pantas. Udahh gituhh ajah. Tinggalin
Ai : tinggalin fiiy?
Fian : iya. Sekarang juga,

Jadi, untuk apa membersamai orang yang memang tidak mau dibersamai. Untuk apa mencoba mengiringi langkah kaki yang bahkan tidak mau berjalan beriringan. Jangankan beriringan, jalan kita memang berbeda bukan?.

Dan ya memang tidak semua perasaan baik untuk di ungkapkan. Ada beberapa yang lebih baik di pendam. Bahkan ada beberapa yang lebih baik di lupakan. Karena tidak semua perasaan baik bagi dua orang. Begitu kan kata ka gun.

Juli ini, seperti dibangunkan oleh alarm dari mimpi indah. Mimpi atau ilusi yang kubangun akan kita. Bahwa semuanya tengah berjalan selayaknya cinta bekerja. Namun kebaikan dan ketulusanmu ternyata hanya oase di gurun pasir. Aku tengah dehidrasi, dan melihat danau kecil dikejauhan sana. Ketika ku dekati bahkan tak ada setetes pun air .
Lalu begitu selanjutnya ilusi membutakan mata.

Aku - kamu - kebaikanmu - harapanku - kenyataan.

Semua seperti adonan kue dalam sepotong roti kehidupan. Kamu bisa memilih untuk menghiasinya dengan cream warna pink, merah biru, atau putih, atau membiarkannya polos tanpa hiasan.
Seperti itu rasa ini seharusnya bisa bekerja, menanggapi kebaikanmu dengan apa. Karena tak semua kebaik-baikan bisa dihiasi dengan cinta. Karena tidak semua kenyamanan bisa berarti cinta.

Karena tidak semua yang terlihat dan terasakan di waktu paling dini bisa diartikan dengan kasih sayang. Karena sayang butuh waktu untuk membuktikannya. Apakah iya benar danau di padang pasir, atau hanya sebuah ilusi atas sebuah harapan dari hati yang kesepian.

Ai, ayo bangun. Keretamu sudah mau berangkat lagi. Mari tinggalkan stasiun pemberhentian yang satu ini.

Merelakan


Tidak ada yang sederhana dari merelakan. Ketika kenangan yang membekas membuat kita sadar bahwa ada banyak hal dan waktu yang ternyata sudah dihabiskan bersama.

Tidak ada yang sederhana dari merelakan. Ketika kenangan yang membekas membuat kita sadar bahwa ada banyak hal dan waktu yang ternyata sudah dihabiskan bersama. Ternyata ada banyak senyum dan air mata yang disebabkan karnanya. Ternyata ada banyak tenaga dan peluh yang dikeluarkan untuk menunggunya.

Karena merelakan tidak sepenuhnya mudah. Merelakan sesuatu yang begitu diinginkan. Merelakan cita-cita yang sudah terlanjur tergantung, tapi ternyata tidak begitu mudah untuk di wujudkan. Yanh selanjutnya membuat merelakan menjadi tidak mudah dilakukan.

Kalau saja merelakan itu mudah. Maka manusia tidak akan mengenal apa yang disebut dengan perjuangan dan pengorbanan. Jika merelakan itu semudah itu. Maka tidak akan ada kisah cinta romantis. jack dan rose dalam titanic tidak akan menjadi kisah maha dahsyatnya  cinta yang terus di agung-agungkan manusia.

Karena merelakan tidak pernah menjadi se mudah itu. Merelakan tidak akan menjadi sederhana. Karena nyatanya ada banyak perasaan yang harus dikorbankan. Sudah banyak waktu yang terbuang untuk hanya sekadar memastikan dan menentukan. Tetapkah berjalan maju atau berhenti dan mundur perlahan.

Karena nyatanya merelakan bukan perkara sederhana. Ada banyak hal yang harus di ikhlaskan. Ada banyak waktu yang terbuang, dan ada banyak hati yang dikorbankan untuk mampu melepaskan apa-apa yang ternyata tak tergapai lengan.

Ps : teruntuk sahabatku di belahan timur jawa. Oh sayang segeralah berdamai dengan dunia. Merelakan memang bukan perkara mudah. Tapi percayalah kamu terlalu berharga hanya untuk menunggu pria menye yang bahkan tidak mampu yakin dengan perasaannya sendiri. Ikhlas itu tentang waktu maka siapkanlah telapak tangan yang terbuka untuk mampu melepaskan apa-apa yang tak dapat dimiliki. Lalu bersiap untuk menerima sesuatu dengan tangaan terbuka itu. Katanya untuk masalah patah hati, perempuan akan sembuh dengan menerima hati yang baru. Maka, Bersiaplah untuk mendapatkan yang baru!.

Kaleidoskop Juni 2015 #day30


Bulan ini asem-manis-kecut kaya ketek kuda nil LSI. Kalo anak IPB pasti ngarti daaah wkwkwk. Ujian akhir semester ditutup dengn cantik.



Juni 2015.

Bulan ini asem-manis-kecut kaya ketek kuda nil LSI. Kalo anak IPB pasti ngarti daaah wkwkwk. Ujian akhir semester ditutup dengn cantik. Apalagi dua nilai yang keluar juga lucu abis. Semester empat ini bersyukur karena nilai bisa sedikit manis. Semoga nilai yang bermunculan ke luar permukaan masih manis kaya senyum kamu maase.

Juni ini jatuh bangun. Senyum-senyum gara-gara kamu. Bete-betean gara-gara kamu. Sampe nangis karena kamu. Dan sekarang? Hatinya jadi abu-abu gegara kamu. Iyaa nganu kamu sih enggak hitam enggak putih. Salah siapa lucu kan sini jadi jatuh hati.
Tapi kataa ai ikan cinta ga harus memiliki yang penting bisa selalu ada. Tapi kata mpiit nganu masih kuliah gaboleh pacaran.
Terus kata aku? Coba belajar sandi morse biar kamu peka kodenya aku. Jadi mas-mas jangan bapuk-bapuk amat sih nanti kalo gabisa dipekain aku diambil orang loh. Eh.

Juni ini bahagiaa, ramadhan pertama di bulan juni excited!. Sampe-sampe sholat traweh pertama di Al hur. Ketemu sama kaka-kaka ganteng. Tapi besoknya gamau sholat di Al Hur lagi, anu kipas anginnya kaya di tepi pantai. Bisa-bisa traweh dua malem malem ketiganya kerokan. Anginnya ngga nyelaw banget yakan. Sampe mukenanya aja terbang-terbang. Iya kaya hatinya terbanh-terbanb kalo di wasap kamu. Mmmm. Tukan bahagia aku sederhana. Di wasap kamu aja seneng. Apalagi di bangunin sahur sama kamu. Hahaha.

Terus juni ini bapak jadi kaya om om centil gitu. Suka banguni sahur. Tapi banguninnya ngaco. Tapi jadi sayang bapak banget. Ciee bapaak nanti kalo anaknya dinikahin sama orang lain udah gabisa dijailin lagi ciee. Puaspuasin dulu ya pak jailin anaknya, mumpung belom jadi istri orang nih.

Juni ini banyak belajar hal-hal baru kaya nulis setiap hari di Blog meskipun banyak bolosnya ketimbang nulisnya. Nganu aku kan ujian jadi ga sempet yakaan. Kan belajar jadi ga sempet nulis di blog ngeles banget yakan kamu ay*. Tapi sebenernya itu bukan halangan loh. Sesibuk apapun sehari harus bisa nympetin nulis. Kalo mau nulis harus baca dulu yakan berati mau gamau sehari harus nyempetin baca. Jadi hikmahnya kalo mau nulis harus banyak baca. Kalo mau nulis tiap hari berati harus baca tiap hari. Okee Iqro nak, iqro.

Sebenernya nulis tiap hari ngga ribet kok. Nulis ngga butuh effort banyak yang penting ada niat. Niat macarin aku ada ngga bang? *apasihIni*. Meskipun dikatain sama ka isma ( ig : @ismafirliani ) iya mba-mba fapet ngehitz itu dibilang stoples kata jomblo tapi gapapa berawal dari dikatain jomblo siapa tau ntr tenar terus ad yg endorse skinny skirt warna abuabu *mau ini plis*. Dikatain jomblo ga bikin putus asa. Dikatain tulisannya menye, galau, gaboleh putus asa. Biarkan orang berkomentar apa sama tulisanmu yang penting kamu produktif nulis, meskipun tulisannya isi nya curhatan semua gapapa, yang penting nulis. *ngedemngedemin hati*

Katanya jangan pernah jadi kuatir orang ngga baca tulisan kamu, atau bahkan mengkritik tulisan kamu. Jangan malah jadi berhenti menulis. Karena menulis itu bisa membantumu untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Semacam belajar merangkai tutur kata kali ya. Karena nulis gacuma harus enak di baca tapi juga koheren. Cia.cia.cia.

Nah jadi ini Juni 2015. Bahagia. Seneng. Sedih. Bete. Ketawa. Gila. Semua jadi satu. Oh iya 30 juni menulis terakhir di #NulisRandom2015. Makasih yaa temanteman udah ngajakin nulis bareng. Sama mau ngucapin juga Happy birthday Rihadatul Aisy my beloved sistaa. Ciee 20 tahun. Adek masih teenager nih mba wkwk. Semoga kebahagiaan selalu memelukmu yaa sayangku. Jangan bobo terus kalo kuliah.

Dan ya jadi ini Juni ku. Lalu mana juni mu?.

Betewee besok udah Juli looh mas. Nganuu,
Terus kapan kamu mau peka sama aku maas? Ahaha.



Posted via Blogaway

Surat cinta untuk Jaket Biru dengan garis abu-abu #day29


Surat cinta untuk jaket biru dengan garis abu-abu.

Surat cinta untuk jaket biru dengan garis abu-abu.

Ter - untuk - kamu - jaket biru - kesayangannya.

Pasti menyenangkan bukan menjadi kamu?. Jaket biru yang selalu dibawanya kemana-mana.
Pasti bahagia bukan menjadi kamu yang dikenakannya kemanapun dia berpergian.
Ahh ya pasti menyenangkan menjadi kamu, karena menjadi teman terbaik baginya. Kemanapun ia pergi.

Hai jaket biru apakabar?. Aku rasa kamu sangat baik-baik. Karena dicintai begitu dalam oleh dia. Ah menyenangkan bukan bila kita mampu dicintai dengan baik oleh seaeorang yang kita cintai?. Aku harap kau tengah mencintainya dengan baik, dan bekerja dengan baik untuk menghangatkan tubuhnya. Jangan sampai dia masuk angin, atau aku akan jadi orang pertama yang paling kuwatir akan kesehatannya. Jadilah jaket yang baik yang mampu menghangatkan dengan baik.

Jaket biru, taukah kamu betapa irinya aku akan keberadaanmu. Betapa aku merasa jadi orang tidak berdaya yang terkalahkan oleh benda mati sepertimu?.

Betapa aku merasa jauh lebih tidak ada apa-apanya dibanding kamu. Kamu yang sudah diajaknya mendaki beribu-ribu mdpl. Kamu yang sudah diajaknya menapaki berbagai macam hutan yang ada. Dan kamu yang memeluknya erat ketika dia kedinginan di tengah hutan sana, di malam panjang, di balik terpaan angin diatas motornya.

Lalu aku?. Aku bukan apa-apa dibandingkan kamu. Betapa kamu harusnya merasa jauh lebih beruntung wahai jaket biru bergaris abu-abu. Betapa kamu harusnya mampu memberikan yang terbaik baginya. Karena kamu begitu beruntung mampu berada di sisinya kapanpun dan dimanapun.

Kalau kamu hilang dia pasti akan sedih. Bagaimana tidak nyatanya kamulah salah satu kesayangannya. Dibandingkan dengan aku yang hilang, dia tidak akan sedih. Boro-boro mencariku, menghawatirkanku saja dia tidak pernah. Dan sayangnya perempuan ini begitu pandai menghawatirkannya. Bukankah ini menggelikan?.

Jaket biru dengan garis abu-abu, bolehkah aku minta sesuatu darimu?.  Bolehkah aku minta tolong?. Tolong bekerja dengan baik. Hangatkan dia dengan baik. Nyamankan dia. Jangan jadi seperti aku yang kerap membuatnya marah. Kerap membuatnya tak mau mentap mataku lekat-lekat, kerap mereporkannya. Jangan menghilang, peluk ia dengan baik. Jangan menjadi yang seperti aku hobi sekali membuat dia bernada tinggi, membuat dia merasa terancam.

Jangan jadi yang seperti aku ya jaket biru sengan garis abu-abu. Nyamankan dia. Hangatkan dia. Bersamakan dia. Peluk dia erat-erat. Seperti aku yang memeluknya dengan beberapa helai rindu dan doa.

Ahhh yaa, bolehkah aku minta tolong satu kali lagi?. Bisakah kau tanyakam padanya, apakah dia mau memberikanku satu keaempatan lagi untuk menunjukan padanya bahwa aku benar-benar tengah berusaha menyayanginya dengan baik. Katakan padanya untuk jangan marah terlalu lama.

Bangun Sahur #day28


Udah ditinggal pulang sama pangeran beruang jadi jangan kebanyakan galau. Nanti kalo galau terus takut cepet mati.



Hhhaaaeeeeeee. Iyaa mau nulis yang ngga berat-berat lah ya.
Udah ditinggal pulang sama pangeran beruang jadi jangan kebanyakan galau. Nanti kalo galau terus takut cepet mati.
Kaya ayam yang dijelasin di slidenya ka isma.
Iya ayam galau ciri-cirinya ya gitu gamau makan, terus kurus, terus dia menyendiri terus mati. Terus gabisa di jadiin ayam hisana anu udah mati kan jadi ga halal ya kan. *terserah ay*
Nah sebenernya yang harus di teliti itu bukan proses kematian ayam galaunya tapi apa yang menyebabkan ayamnya jadi galau.
Semisal siapa tahu ayamnya ternyata kangen temennya terus galau. Atau mungkin ayamnya lagi friendzone-nan gitu sama temen satu kandangnya kan kita gatau. Karena satu kandang dan gamau merusak hubungam jadinya dia memendam perasaan terus galau, terus gamau makan yakan. Iya terserah kamu aja lah ay -_-

Jadi kali ini bukan mau cerita ayam kok. Ini mau cerita bapak.
Iyaaaa bapak lagi nggemesin banget masa -_-.
Ya Alloh punya bapak satu jailnya minta ampun. Gatau bapak kenapa jadi gini. Padahal dulu enggak kaya gini. Dulu boro-boro ngobrol sama bapak, ngomong ditelfon aja gapernah. Iya dulu sebelum negara api menyerang.

Yakan emang gituu, waktu dan jarak mampu merubah hati dan perasaan setiap orang. Bapak itu kaku banget. Iyalah namanya juga polisi, dididik keras dari muda. Ya pasti bakalan kaku gitu kan orangnya. Udah gitu bapak punya anak perempuan kaya aku yang gengsi nya selangit. Iyaa akumah apa mana pernah bilang sayang sama bapak. Seringnya bilang sayang kan ke kamu mas, *kemudian ingat kalau jomblo* hheu. Oke jadi ya gitu sebenernya saya sama bapak. Kita itu dua tipe orang yang naif. Tapi entah kenapa semenjak kuliah jauh, dan jarang ketemu malah jadi romantis.

Iyaa jadi beberapa hari ini bapak lagi hobi bangunin sahur lewat telfon. Terus banguninnya ngacooo -_-
Contoh yang waktu itu yaa
Bapak : sahuuur sahuuuuur, mbaaa banguun sahuuur!!!
Ai : iyaaaa udah bangun -_-
Bapak : loh udah bangun?
Ai : yaiyalah udah wong ini udah jam 4 -_-
Bapak : oh berati gagal ya mbanguninnya, ya udah besokbesok lagi. Hahaa
Ai : pak plis deh -_-

Terus yang waktu itu lagi
Bapak : amaliaaaaaa erlynandita puspa hapsari, ayo bangun sahuur!!!
Ai : iyeeeee, pak udh bangun
Bapak :perlu pake PLB gak?
Ai : gausah udah bangun kok -_-
Bapak : yah baru mau nyalain mercon
Ai : ngana bilang mau nyalain mercon? -_-

Dan yang paling ngeselin yang tadi pagi
Bapak : sahur, sahuur, mbaa banguun. Dicariin pacarnya tuh
Ai : hah apa pake acar
Bapak : kupingnyaaaa. Dicariin pacar!
Ai : hah pacar siapa?
Bapak : laah biar kamu bangun aja. Udh sana sahur!
Ai : hahhhhh apa coba maksudnya  -______-

Terus ya gitu bapaaak kan gajelas kaan. Tapi seneng. Tapi bahagiaaa. Di bangunin bapak. Meskipun cuma lewat telfon. Padahal kalo dirumah gamungkin bangunin sahur. Paling bangunin juga pipinya ditempelin sendok yang udah di masukin ke freezer. Hhe itu lebih nyebelin.

Tapi gabisaa maraaah. Karena seneng.

Jadi intinya puasa kali ini engga jonees kok. Karena ada bapak yang nelfonin bangunin sahur meskipun kamu ngga bangunin aku. Meskipun kamu ngga pekaaa aaaaaa. Meskipun kamu iya kamu pangeran beruang engga tau gimana aku pengen dibangunin sahur sama kamu hhhee. Tapi gapapa. Kan ada bapaak. Yang bangunin sambil ngeledekin terus hahaha.

Ehh iya pangeran beruaang, selamat sahur di kereta. Ada yang bangunin kan ya. Eh kamu sahur pake apa. Ehh atiati. Kalo udah sampe kabarin yaa.

Heeeeuuu sekarang jadi kangen bapaak. Coba tebak besok bapak bangunin sahurnya kaya gimanaa lagi yaa? :D

Kamu


Waktu itu hujan turun begitu lebat



Ingatkah kamu?
Waktu itu hujan turun begitu lebat
Membuat bajuku basah separuh.
Jaket birumu juga sudah sedikit basah

Aku mengeluh memaki hujan yang turun tiba-tiba
Lalu mengumpat diri sendiri karena lalai membawa jas hujan.
Aku? Terlihat begitu bodoh, manja, dan lemah.

Dipikiranmu pasti aku seperti anak mama yakan?
Terlebih kamu yang berlatarbelakang anak alaam.
Kita berbeda kan?.

Tapi kamu tidak mengejekku manja.
Kamu tidak meneriakiku cerewet.
Kamu hanya tersenyum menatapku yang terlihat heboh
Katamu waktu itu " cuma hujan air, bentar lagi bajunya juga kering. Lain kali dibawa jas hujannya ya"
Aku bungkam. Lalu merasa bersalah
karena bajumu jauh lebih basah

Kita berteduh di rumah warga. Aku masih terlihat kesal.
waktu itu kamu masih ingat sepatuku basah kan.
Dan kau ingat Aku makin kesal
Katamu sembari tersenyum " ngga papa besok juga kering "
Lalu aku diam menatapmu.

Kau tahu matamu menyimpan banyak hal. Aku seperti menemukan rumah disana. Ahh aku rindu mata itu. Mata yang lelah. Mata yang menyimpan berbagai macam rasa mata yang membuatku rindu dipeluk hujan.

Kita berbicara banyak hal waktu itu. Aku dengan ekonomi dunia. Kamu dengan mangrove yang baru saja kau eksplorasi. Aku mendengarkan dongengmu dengan khidmat. Kamu yang beberapa kali mendebat kondisi negara dari sudut pandangku.

Lihat pundak itu, terguncang mengikuti gelak tawa
Lihat rambut itu yang panjangnya melebihi alis mata
Lihat jaket itu, bolehkah aku menggantikannya?
Lalu lihat tangan itu, ijinkan aku menggenggamnya. . .

Oh tuan bolehkah aku bertanya sesuatu padamu..
Tuan apakah aku tengah benarbenar mencintaimu?
Atau aku hanya tengah kagum pada pria alam yang kini duduk dihadapanku?

Tuaan bersediakah kamu? Mengajakku berkeliling Indonesia. Mengunjungi hutan yang pernah kau singgahi. Atau sekedar menapaki puncak gunung tertinggi di daerahnya.

Oh tuan, bolehkah aku memimpikanmu mengajakku mendaki jabbal rahmah? Bersamaku, malam ini?

Ps : ceritanya ada yang lagi jatuh cinta. Terus menuliskan ini. Lalu menyisipkan beberapa kisah nyata wkwkwk. Jangan bapeer -_-



Posted via Blogaway

Are you Really my Beautifull Disaster? #day26


Let's just be frank about each other.



Let's just be frank
about each other
So long we act like a great pretender
I ain't a Casanova
just a romance beginner
Would it be nice
or would it be another disaster?

It seems so hard to make decisions
As if we know what's going to happen
For all I know that you're one of a kind in a million
So should we take this chance
or just keep it in silent

If loving you is wrong,
I don't wanna make it right
Slowly we can make it right
Please somebody tell me
Cause I want it so bad
I can't wait much longer to know
if you want it So tell me is it love,
is it love,
is it love that last

we're young, careless, and happy
To start something extraordinary
It takes no magic spell cause we have the chemistry
So would we ever be like ebony and ivory

If loving you is wrong
I don't wanna make it right
Slowly we can make it right
Please somebody tell me
Cause I want it so bad
I can't wait much longer to know if you want it
So tell me is it love,
is it love, is it love I don't know

Eenie meenie miney moe
Can we make our love grow
Or we could be called a beautiful disaster
Eenie meenie miney moe
Can we make our love grow
Or we could be called a beautiful disaster
Eenie meenie miney moe
Can we make our love grow
Or we could be called a beautiful disaster

Np :  D'essential - Beautifull Disaster

Ohh sometimes, we just need to drink a bottle of milk tea than listen to your favorite song. Oh this awkwardness heart make me so dumb. Ohhh really you hurt this heart. Ohhhhh i should be strong!!!!!!!



Posted via Blogaway

Sikap #day25


Do not let, a girl come home alone at the night

Do not let, a girl come home alone at the night -

Jangan pernah sekalipun kamu laki-laki membiarkan seorang perempuan pulang sendirian di malam hari. Sesusah apapun itu, se-nggak-sempet-apapun-se-capek-apapun-se-cuek-apapun.

Perempuan, sekuat-kuatnya perempuan mereka adalah mahluk yang paling mudah diincar dan dijadikan objek kejahatan. Begitu banyak hal-hal yang membahayakan perempuan. Karena perempuan itu lemah, ngga berdaya, dan ngga bisa ngelawan. Kita juga tau kan banyak berita yang memberitakan kejahatan yang banyak menelan korban perempuan. Bahkan hampir setiap hari di berita ada satu atau dua berita tentang kejahatan yang dialami perempuan. Sebagai salah satu perempuan saya sedih.

Dan sedihnya lagi kejahatannya banyak dialami di malam hari. Kalo misalnya ada yang bilang " ya salah sendiri anak perempuan pulangnya malem", atau ada yang bilang " lagian ngapain malem-malem baru pulang". Mungkin mereka harus di buka matanya, karena dikampus saya yang namanya ngerjain tugas pasti sampe malem. yaa pulang malem buat anak perempuan memang tabu. Di keluarga saya aja batas main cuma boleh sampe jam 10. Disini aja saya agak bandel. Tapi bandelnya bukan saya main malem-malem nongkrong, atau balapan motor. Tapi ya emang gitu, tugasnya banyak, deadliners, ngga cuma satu tugas aja yang dikerjain.

Terus sebenernya perempuan ini bisa terhindar dari hal-hal memabahayakan kaya gitu. Salah satunya dengan diantar pulang oleh temen laki-lakinya. Lah ya emang tugas laki-laki gitu kan melindungi wanita. Se kuat apapun, se tomboy apapun, se mandiri apapun, perempuan is perempuan. Mereka bisa terancam sewaktu-waktu.

Apasih susahnya nganterin doang. Emang kalian para laki-laki ngga kasian gitu kalo misalnya temen kalian di apa-apain. Kalo misal dia bawa motor, seenggaknya ya dikawal gitu dari belakang. Ditemenin pulangnya. Ngga susah kan?.

Perempuan mungkin terkesan merepotkan disaat-saat kaya gini. Tapi coba inget deh, ibu kamu nih perempuan kan? Terus semisal ibu kalian pulang ngaji baru selesai malam hari, dan tidak ada yang mau mengantar pulang ibu kalian, dan ibu kalian berjalan sendirian malam-malam, dan dijalan ada yang berniat jahat, kalian sedih ngga?. Sama sedihnya sama perempuan yang pulang malam sendirian.

Jadi pria juga yang gentle kalian ga perlu nanya
" berani ngga pulangnya sendiri? "

Udah tau perempuan mikirnya pake hati, pake ditanyain kaya gini segala ya pasti jawabnya ngga enakam lah, pasti antara
" gausah nanti kamu capek "
" mmm aku ngerepotin kamu ntar, sendiri ajaa.."
" aku beranii kok, lagian kan rumahku jauh"
Atau yang paling klasik
" kalo kamu capek aku sendiri aja, gapapa kok"
Dan ngeselinnya laki-laki itu meng-iya-kan dengan pulang duluan.

Yaampun ngga perlu lah nanyain cewek berani atau engga pulang duluan. Ga perlu lah nawarin mau dianter atau engga. Tapi langsung bilang " yuk aku anter " kalo dia ngga mau ya ikutin aja atau paksa aja. Karena perempuan emang gitu ga enakan. Tapi jangan karena perempuan ngga enakan terus kalian jadi keenakan.

Ngga usah nanya kalo mau nganterin perempuan tapi langsung tindakan aja. Itu baru namanya sikap.

Perempuan sebenernya takut, tapi ya ngga mau ngerepotin, tapi ya ngga berani juga pulang sendiri. Gimana kalo dia dijalan bawa motornya ngebut karena ketakutan diikutin orang terus kecelakaan coba gimana?. Ini bukan suudzon, atau negtif thingking tapi mencoba tidak membenarkan membiarkan perempuan pulang malam-malam sendiri.

Soo, please do not, let your girl, or your friend come back home late night alone.

Sebete apapun, semarah apapun, se malas apapun, jangan pernah sekalipun membiarkan seorang perempuan pulang malam sendirian. Jangan pernah. Karena kalian tidak pernah tau potensi kejahatan apa saja yang mengintai mereka.

Ambil sikap, jadilah pria bijaksana, yang mampu menjadi pelindung perempuan. Yang mampu membuat orang lain bernafas lebih lega ketika kamu berada di dekat mereka. Berbuat baik toh tidak pernah merugikan to?.

Ps : iya ini curhat karena udah dua kali dibiarkan pulang sendiri, padahal mah itu cuma basabais busuk nyuruh dia balik duluan kalo capek. Dan dia pulang beneraan doong. Padahal niatannya cuma basa-basi doang karena gaenak kalo minta dianter pulang. Dan udah dua kali juga digodain masmas di pangkalan ojek, dan yang tadi malem ditabrak terong-terongan yang lagi main mercon depan perumahan. Ini antara kesel, sedih, merana. Ohh i miss my kamen rider, dulu ga pernah yang namanya pulang malem sendiri. Selalu di anter. Selalu, meskipun sayabilang ngga mau, dia diamdiam ngikitin saya dari belakang sampe pengkolah deket perumahan, tapi itu dulu sama dia. Hmmm.

RAMADHAN #day17


Gamau bilang macemmaceeeem. Cuma mau bilang. Happy ramadhan mah Alloh always bless us.



Gamau bilang macemmaceeeem. Cuma mau bilang.
Happy ramadhan mah Alloh always bless us. Banyak-banyakin sunah, sedekah, dan niat baik. Karena niat baik aja berpahala apalagi sampai perbuatan baik.

Ehhh besok puasa nih?
Ihhh kok seruuuu, kok lucuuuu, koook asiiikkk???? Ahhhh excited!!!!!
Ramadhaan ceriaaa yaaa.

Jadi sudah sesiap apakah kamu menyambut ramadhan tahun ini?. Jangan sedih kalo sahurnya belom ada yang bangunin :D



Posted via Blogaway

Kalo Pria Patah hati #day16


konsekuensi dari ketidak beranian untuk memiliki adlah, keduluan sama yang lain. ( Hapsari, 2015 )

konsekuensi dari ketidak beranian untuk memiliki adlah, keduluan sama yang lain. ( Hapsari, 2015 )

Hhhhhm. Jadi sebenernya tdi malam habis di curhatin sama senior yang terlalu senioor wkwkwk. Bisa dibilang dia kaka paling keren yang saya punya diantara kaka-kaka organisasi lain. Kaka yang punya pemikiran out of the box, dan pengetahuan yang luaaaaar biiiaaaasaaaa banyaknya. Sampe saya kadang suka iri, ini orang bacaa apa aja sih sampe pinter gitu. Sholeh pasti lah, temen gue ga da yang gak sholeh. InsyaAlloh temen gaul saya semuanya imannya kuat dan punya rutinitas yang baik. Pokoknya dia termasuk pria matang yang baik untuk jadi sesosok ayah. Bahkan kadang-kadang kalo lagi ngobrol sama kaka ini berasa lagi ngobrol sama bapak-bapak wkwkwk. Tapi tadi malam si kaka ini curhat sama saya. Yeeeeeah. Sekuat-kuatnya cowo ternyata mereka butuh curhat ya. Okee abaykan* ai lakilaki juga manusia juga kali. Boleh lah curhat.

Jadi ceritanya, si kaka ini ah kita sebut dia bambang. Nah kak bambang ini dia baru patah hati. Bukan karena ditolak cintanya. Atau bukan karena dia putus sama pacarnya. Dia ini mmm, patah hati karena cewek yang dia suka baru aja dilamar. Nah kan. Oke kita sebut mba itu bunga. Iya ceritanya ka bambang baru tau dari temennya kalo mba bunga dilamar sama orang lain.

Nah ini sepenggal chat kita

Ka bambang : ai masa cewek yang saya suka dilamar orang
Ai : hah siapa? Kak ******, kak ******???.
Ka bambang : eh bukaaan -_-
Ai : lah kaka suka sama siapa lagi. Banyak amat?
Ka bambang : lah yaudah gajadi cerita berasa playboy bgt gue -_-
Ai : eh jgn gtu harus cerita, anu siapaa kak? Ihh pundung udah tua pundungan
Ka bambang : ituu dlu temen, dia sm tementemennya di ceng-cengin sama aku dulu, terus yaudah eh tp dia malah di lamar
Ai : ko sedih siih, udah jangan sedih
Ka bambang : aku ga nangis ko aku kuat
Ai : yaaah lagian kaka sih kurang gercep
Ka bambang : lah kan ya dulu ya gitu aii ga mau pacaran saya
Ai : ya langsung lamar laaah -_-
Ka bambang : iyasiih, ahhh ai
Ai : ya itu konsekuensi kak, konsekuensi dri ketidak mauan untuk memiliki ya keduluan orang lain deh. Yaudah cari yang lain kak
Ka bambang : iyaa semoga saya ikhlas ya ai.
Ai : masih banyak ikan di laut kaaak, tenang aja.
Ka bambang : iya aii...

Nah ya begitu deh cowo. Ternyata lakilaki tuh gitu ya kalo patah hati. Kalo perempuan patah hati di tinggal nikah paling cuma mewek, diem di kamar, sambil ngeliatin foto cowo itu, iya lahhh peremouan mah apa atuh yakan, gabisa apa-apa. Gabisa ngomong suka duluan. Iya gengsi -_-.

Tapi kalo cowo. Sampe cewek itu di lamar orang, dengan posisi dia belum pernah ngutarain perasaannya itu adalah hal yang sia-sia. Pertama, dia tuh laki-laki harusnya dia berani ngungkapin kan ya. Kan cowo kan gentle, kan ga gengsi kalo ngomong duluan. Terus udah gitu kalo cowo ngungkapin perasaan juga wajar, kan perempuan tugasnya cuma nunggu sambil ngode. Masalahnya ini yang dikodein peka atau engga yakan. Dan masalahnya laki-laki itu datengnya dari maaars. Dimana penghuni laki-laki disana udah ngga peka, ngga ngerti kode, eh pake sok cool. Iya laki-laki tuh sebenernya ngezelin. Tapi perempuan butuh laki-laki yang ngezelin itu untuk menyempurnakan hidupnya.

Jadi intinya, ketika cowok patah hati, di akan berbeda dengan perempuan. Perempuan paling cuma sedih, mewek, sambil curhat sama sahabatnya. Kalo cowo mereka cenderung akan mengungkapkan ketidakterimaannya. Karena dia merasa kehilangan kesempatan. Ya kan siapa suruh nunda-nunda bilang sayang, ya diambil orang lah. Nah karena ga terima biasanya dia marah-marah dulu, kok nyebelin sih si ini, di lamar lalalalaallaa. Tapi ntar ujung-ujungnya dia bakal bilang, "yasih salah gue juga, kenapa gue ga ngomong, kenapa gue ga peka, kenapa gue ga sadar" and bla bla blaaa.

Dan cowo biasanya ga akan nangis sih, iyalah mereka diciptakan untuk tegar kok. Paling kalo udah tau kaya gitu mereka cenderung bber-ya-udah-lah. Sambil mencoba menjalani kehidupan selanjutnya dan tetep nyesel sih.

Ps : kak, kamu lucu bet sumpah sampe aku bikin tulisan kan ceritamu wakakakak anyway yang sabar kak. Masih banyak ikan di lauuut. :)

HAZARD #day 9


Lagi sebel sama orng Indonesia. Iyaaa. Orang indonesia tuh gitu

Lagi sebel sama orng Indonesia. Iyaaa. Orang indonesia tuh gitu
Sukaa lucu. Apa susahnya antri, sampe harus nyelonong.
Apa susahnya nunggu palang kereta naik lagi, tapi nyelonong aja.
Apa susahnya coba nunggu lampu merah jadi ijo. Tapi yagitu tetep aja nyelonong.

Bukan lagi bawel atau sok jadi paling bener sendiri.
Tapi cuma lagi heran. Kenapa oramg Indonesia kaya gitu?.
Setiap ditanya pasti jawabnya, udah biasa. Nah kebiasaan yang salah kaya gini kenapa malah banggaaaa?????. Coba jelaskan sama adek bang, kenapa harus kaya gitu?. Kenapa harus membudayakan yang salah?

Iya ceritanya beberapa hari yang lalu habis berantem sama bapak-bapak. Oke please di underline bapak-bapaknya. Bapak-bapak dengan anak dan istrinya naik motor, iya bapak-bapak yang sudah berumur, lebih dewasa dan harusnya lebih bijaksana.

Jadi masalahnya adalah, kita lagi antri bensin nih di pom. Terus saya antri paling terakhir. Ya manusia mana sih yang suka nunggu. Saya aja males nunggu. Apalagi nungguin kamu yang ga pekapekaa maaas *eh. Tapi yaa namanya juga kita hidup bermasyarakat ya, kalo orang lain antri ya kita juga harus antri. Dan saya juga bukan tipe orang yang suka nyelonong gitu juga kan. Moral hazard itu penting.

Nah udahlah saya ikut antri. Kebetulan antriannya emang panjang. Tapi yaudah kan ya antri aja apa susahnya sih? Ngga akan kok beres ngantri tiba-tiba udah punya cucu empat gitu kan ga mungkin kan?. Nah saya antri dengan damai sambil ketawa-ketawa sama temen saya. Sampe tiba-tiba si bapak ini udah berhenti di sebelah saya. Awalnya saya biasa aja. Dan tiba-tiba si bapak ini maksa banget buat masuk ke barisan di depan saya.
Bapak : " mbak minggir mba"
Saya : *cengo. Sambil melotot. Padahal matanya sipit. Ga ngaruh yakan! -_- *
Bapak : " mbak awas dulu!"
Saya : lah kan saya yang dateng duluan *ngomongnya masih woles*.
Bapak : *nurunin anaknya suruh nyusulin emaknya*, " minggir mbak!"
Saya : loh kan saya yang antri duluan. Budayain antri dong! * mulai nyolot*
Terus beberapa kali kita sempet adu cepet majuin motor. Dan saya kekeuh buat ngga mau ngalah sama si bapak. Lah kan saya yang antri duluan ya. Ya ngga mau ngalah lah. Lagian siapa suruh bapaknya ngajakin adu gituan sama saya. Mana mau saya ngalah -_-.

Sampai akhirnya final, motor si bapak nabrak bleki. Waaaaa yang ini gabisa ditahan marahnya. Soalnya udah laper juga waktu itu. Mana aus pula.
Saya : *melototin bapaknya*
Bapak : kan udah dibilang minggir dulu.
Pengennya ya pas bapaknya bilang kaya gitu kalimat yang muncul tuh yang ini "eh ente yee udah tua tapi ngga tau diri. Liat tuh orang orang pada antri ini malah nyelonong. Malu sama umur pak!."

Tapikan kalo marah harus beretika ya, jadi ga gitu marahnya
Saya cuma bilang
" duhhh orang Indonesia yaaa, suruh antri aja gamau. Budaya sopan santun aja ga punya. Gimana mau ngedidik anak. Duh moral hazard banget yaa. Duh ga ngerti lagi"

Dan akhirnyaaaa, si bapak tahu diri dan mundur ke belakang saya. Herannya kok dia ngga malu gitu ya?. Kalo saya sih mending ga jadi antri terus buru-buru pergi. Masalahnya tuh gitu udah salah, ngeyel, ngga malu lagi kan ngeselin. -_-

Jadi ya gitu deh, sebenernya yang salah bukan budayanya sih. Tapi mind set orangnya. Kenapa sih budaya salah masih aja terus dipelihara. Yaudah gitu udah tau salah kenapa ga berhenti. Bukannya nabi Muhammad aja menyayangkan perbuatan yang tercela, apalagi perbuatan tercela yang membudaya.

Kasian kan orang Indonesianya jadi di cap jelek. Padhal yang jelek ya oknum-oknum yang kaya gini. Jadi moral hazard itu pada intinya penting, karena kita hidup ngga sendiri. Kita hidup di bumi sama manusia-manusia lain. Yang juga memiliki hak yang sama dengan kita. jadi jangan sok iye, jangan sok kuasa mentang-mentang punya jabatan, lebih tua, punya duit banyak yakan.

Cukup jadi manusia yang banyak melakukan kebaikan dan tahu diri.

#NulisRandom2015 #day9

Payung Teduh #Day8


Entah sejak kapan jatuh cinta pada indie band ini.

Entah sejak kapan jatuh cinta pada indie band ini.
mungkin sejak SMA kelas 11. saya bahkan lupa bagaimana bisa bekenalan dengan grup Band ini.
rasanya seperti baru saja ditemukan pada sebuah takdir.
takdir yang membawa saya pada jatuh cinta yang begitu dalam.
oh sh*t. i always hated my self for to easier fall in love with something.

Payung Teduh mendengarkannya di kali pertama rasanya seperti jatuh cinta dengan mata yang buta.
karena saya hanya mendengarkan lagu mereka. tanpa melihat wujudnya seganteng apa pemain musiknya.

ahh waktu itu yang saya tahu saat pertama kali mendengarkan "ku cari kamu" saya tengah tertambat. sudah dicuri hatinya dan dibawa melayang kedalam lantunan musik folk yang membuat hati saya hangat.

jatuh cinta memang semudah itu kan sayang?. kamu tidak perlu sungkan-sungkan tersenyum atau merasa hangat di hati. biarkan rasa itu menjalar dan membuat otot di sekitar bibirmu menarik dua sudutnya. 

seperti semudah itu jatuh cinta pada hangat genggaman tanganmu, tidak perlu menatap siapa pemiliknya, aku selalu saja mampu merasa hangat bila berada di dalam genggamannya. begitu nyaman, hingga aku bisa saja gila bila lama tak tergenggam.

you can find payung teduh here, kalau ini video corner favorited saya
https://www.youtube.com/watch?v=kvk7EDv-HeY


mas, jadi kapan kamu mau ajakin ai nonton ini?. supaya nanti kamu tau bagaimana rasanya jatuh cinta pada genggaman tanganku.
*ngomong sama masmas yang jualan batagor di bara*
baru inget ternyata jomblo ahahahaaaa. :")

Titik yang Tidak Ada di Peta #day 7


Seperti berada di sebuah titik yang tak ada di peta



Seperti berada di sebuah titik yang tak ada di peta
Mencarimu seperti meniti satu per satu kota yang ada di bola dunia.
Tapi entah kenapa kamu tak kunjung kutemukan sayang.

Seperti berada di sebuah titik yang tak ada di peta.
Menunggumu terasa seperti sudah separuh abad lamanya
Tapi kamu tak kunjung datang sayang.
Bahkan disaat aku mulai merindu

Seperti berada di sebuah titik yang tak ada di peta.
Memimpikanmu terkadang membuatku enggan bangun dari tidur
Beberapa kali bahkan membuatku telat bangun sholat subuh.
Ah perempuan ini masih butuh untuk dibangunkan supaya sholat subuh tepat waktu. Mungkin kamu bisa membantunya?

Seperti titik yang tak terlihat di peta.
Sekasat matakah itu kamu sayang?.
Se tak terlihat itukah kamu sayang?
Hingga aku bahkan kesulitan untuk menemukanmu.
Membuatku harus menahan nahan rasa rindu ini sendirian.

Tengah berada dimana kah kamu sayang?.
Apakah kamu juga berdiri di kota yang sama denganku?
Atau kamu masih disana?
Di titik yang tak da di peta?.
Di tempat yang aku tidak tahu?.

Tuhan memang romantis bukan sayang?.
Dia menyembunyikanmu disana. Di titik yang tak ada di peta.
Di titik yang bahkan hanya bisa ku ketahui nanti dari ceritamu.

Dan kita pun tidak akan pernah tahu bukan sayang?
Di titik mana kita akhirnya bisa berjumpa.
Di pertemuan kita nanti, entah yang pertama atau kesekian kalinya.
Di titik itu, kita akan berjumpa,
Aku terpesona Dengan senyumanmu yang mampu membuatku susah bernafas. Dan kamu, tak dapat berpaling dari tatapan mataku yang membuatmu insomnia.

Segeralah datang sayang,
Di titik yang tuhan sudah siapkan nanti.
Di waktu yang tepat.
Di tempat yang tepat,
Di titik yang tak ada di peta...

Lalu, apakah kamu tengah menerka-nerka, di titik manakah aku tengah berada sayang? .
Karena Aku masih disini, di titik yang tak ada di peta dunia.
Tapi percayalah kompasmu tengah mengarahkanmu kesini,
Karena hati tidak pernah salah memilih arahnya.

Aku masih merindukanmu. Disini, di titik yang tidak ada di peta.


Ps : eh seriusan ini dramaga ga ada tau di peta. Semoga kamu ga nyasar ya nyari aku kesini, kalo bingung pokoknya tanya supir angkot. Kalo ngga ikutin angkot 03 atau 02 dari istana bogor terus sampe laladon naik angkot kampus dalam ya. Kalo bingung pokonya nanya orang di jalan. Atau ga pake google map aja. See you babe. Mwach.

Real(ity) #day6


Because sometimes reality ruin your life.

Because sometimes reality ruin your life.

Kenyataan adalah yang benar-benar nyata ada di sekitar kita.
Bukan yang banyak tersalurkan dari media sosial. Bukan yang terpampang dalam androidmu tapi semua yang berjalan di sekitarmu.

tidak semua kenyataan berjalan seperti Apa yang sudah kita harapkan. Contoh kecilnya adalah, niat baik.
Secara normatif niat baik seharusnya mendapatkan tanggapan yang baik juga. Tapi kenyataannya. Manusia jaman sekarang memang lucu kan?. Tidak semua niatan baik selalu dapat respon yang baik pula.

Tidak semua yang kita fikir merupakan hal baik
Juga merupakan hal baik di mata orang lain.

Setiap orang punya nilai kebaikan yang berbeda. Nilai kebaikan yang memiliki standar operasionalnya masing-masing. Tidak semua yang buruk, terlihat buruk di mata orang lain. Tidak semua yg baik terlihat baik di mata orang lain. Nilai relatif membedakan persepsi banyak orang. Lain kepala lain pengertian.

Itu kenapa pebedaan persepsi manusia menjadi ancaman yang jauh lebih mengerikan dari pada ledakan nuklir.

Itu kenapa saya beberapa kali jadi jauh menjaga diri, menahan diri. Karena tidak semua yang dikeluarkan dari pikiran orang lain, satu nada seperti apa yang jaringan otak kita terima. Itu sebabnya saya juga jadi sering mencerna berkali-kali untuk menanggapi atau memahami pikiran orang lain.

Lalu, bagaimana jika niat baik kita tidak mendapat tanggapan yang baik dari lingkungan?. Setiap orang pasti pernah mengalami ini. Rasanya pasti ingin meledak. Ingin marah. Tapi tidak bisa.

Kuncinya cuma satu. Ikhlas.
Ketika kita berniat baik, ingat saja bahwa kamu tengah menabung dalam sebuah tabung gas. Yang suatu saat tabung gas itu bisa membantu kamu ketika kamu kehabisan oksigen.

Ketika kita berbuat baik, atau berniat baik. Percayalan tabung gas mu tengah terisi oleh oksigen. Satu buah kebaikan akan dibalas oleh ribuan oksigen. Kamu memang tidak butuh oksigen itu sekarang. Namun suatu saat nanti ketika kamu kehabisan nafas, tabung itu siap digunakan untuk menyambung nafasmu.

Sama seperti berbuat baik. Niat baik kita tidak akan berbuah detik itu juga. Tuhan punya proses lain menginvestasikannya di langit-langit. Dan menghadiahkan padamu di waktu yang tepat. Iya diwaktu yang kau sering sebut sebagai sebuah "keberuntungan".

Karena semuanya selalu punya waktu terbaik untuk dikembalikan. Begitu juga sebuah niat baik.

Saya tengah berusaha, begitu keras untuk berbuat baik pada banyak orang. Berbuat baik tidak pernah merugikanmu. Berbuat baik membuatmu merasa jauh lebih ringan. Ketika kita mampu membuat orang lain  merasa lega dengan kehadiran kita dengan berbuat baik, maka kamu sudah menjadi manusia yang tidak hanya punya sekedar nama, tapi juga atitude, dan hati. Dan tentu saja perbuatan baik, selalu diawali dengan niat yang baik. Meskipun terkadang saya juga sering kehabisan niat baik jika bertemu dengan orang yang membuat saya merasa kebaikan saya itu sia-sia. Tapi, saya selalu ingat ketika berbuat baik, kebaikan itu tidak dibalaskan di detik itu juga. Tapi dibalaskan di waktu yang tepat.

Because being kindn is like filling a cup, you can enjoy it, when the cup is full.

Co pilot mu #day5


Kelak ketika kita bersama kamu akan berperan menjadi seorang pilot. Dan aku? Aku siap mendampingimu di setiap penerbanganmu. Duduk di sampingmu.



Kelak ketika kita bersama kamu akan berperan menjadi seorang pilot. Dan aku? Aku siap mendampingimu di setiap penerbanganmu. Duduk di sampingmu. Mematuhi seluruh perintahmu. Dan kita akan bekerja bersama-sama menerbangkan mimpi-mimpi kita.

Suatu saat nanti. Ketika waktunya telah tiba kamu yang selama ini ku cari-cari dan ditunggu. Kita akan samasama mencoba menerbangkan mimpi kita. Mimpi ku-mimpi mu- mimpi anak-anak-kita-kelak.

Kau akan mengambil peranan sebagai pemimpin penerbangan kita. Pilot yang gagah berani. Pilot yang bijaksana di berbagai risiko. Pilot yang siap mengantarkan orang-orang yang ia cintai kemanapun mereka mau.

Kamu jangan khawatir. Karena kamu tidak akan terbang sendirian sayang. Bersamaku kita akan mengrungi samudra, benua, dan menusuri langit biru. Aku akan duduk disampingmu sebagai co Pilot. Kau yang akan memutuskan segala kebijakan dan risiko yang akan kita ambil. Dan aku yang akan mengeksekusinya. Kita akan bekerja lebih baik dari team manapun.

Kau takan meragukanku. Kau tidak akan mengambil alih pkerjaanku. Kau begitu mempercayaiku. Meskipun aku seorang wanita, kau tidak pernah merebut peran yang memang sudah semestinya aku jalankan. Peran seorang copilot yang selalu mendampingimu. Mengingatkanmu ketika kau salah, memberikanmu masukan ketika kau bingung, dan menenangkanmu ketika kau marah.

Kita akan menerbangkan mimpi kita kelak. Menerbangkannya menuju ke seluruh tujuan. Hingga ujung dunia sekalipun.

Monarch #day4


Pernah dengar cerita tentang kupu-kupu Monarch?



Pernah dengar cerita tentang kupu-kupu Monarch?

Kupu-kupu Monarch merupakan spesies kupu-kupu yang merupakan raja dari kupu-kupu. Monarch memiliki siklus migrasi setiap tahunnya. Mereka ber Hijrah dari selatan ke utara di setiap awal tahun, dari hutan mexico menuju hutan di Amerika. Hal ini bertujuan untuk mencari tempat yang hangat untuk terus melanjutkan hidup. Namun ada sebuah kisah pilu yang ternyata tersimpan dibalik hijrahnya kupu-kupu Monarch. Yaitu sebuah cerita kebertahanan.

Alkisah dalam sebuah hijrah di sebuah bilangan tahun. Sekumpulan kupu-kupu Monarch tengah bersarang di hutan Amerika. Musim dingin sepertinya tiba lebih awal. Elianor gadis tercantik di rombongan pun mulai mempersiapkan dirinya. Mempersiapkan sayapnya yang begitu menawan. Beberapa kali bahkan membuat pria-pria di rombongannya tertambat hatinya. elianor tengah mengepak sari madu untuk perbekalan selama perjalanan menuju hutan yang lebih hangat. Hingga tiba-tiba ibunya menghampirinya.
" sudah selesai mengepak? " tanyanya begitu lembut.

" sudah bu, " jawabnya tak kalah lembut "ibu sudah selesai mengepak?". Ibunya tidak menjawab hanya mengangguk. Sang ibu kemudian memeluk elianor erat, " elianor, kau sudah tau kan bagaimana cerita hijrah monarch ke hutan hangat?" Tanya ibunya sambil membelai sayapnya.

" tidak akan ada kupu-kupu yang mampu bertahan hingga tujuannya. Perjalanan kita akan begitu jauh. Bahkan berbulan-bulan nanti, kita bisa saja kehilangan satu sama lain." Lanjut ibu elianor, sambil sesekali menyeka matanya.

" pada setiap hijrah monarch biasanya hanya mampu bertahan 3-5 hari dalam perjalanan. Mereka kebanyakan kelelahan, mengikuti arah rombongan."

" buu, bisa kah kita tidak membicarakan ini. Ini hijrah pertama Elianor. Aku tahu ibu, tidakkah ibu ingat? Dulu ibu bahakan pernah menjadi kupu-kupu tertangguh karena mampu bertahan hingga 2 hutan dan 2 metamorfosa"

" tidak elianor, ibu sudah tidak muda lagi"
" bu, Elianor yakin, ibu dan elianor pasti sanggup untuk bertahan lebih lama. Meskipun kita tidak bisa berhijrah hingga mexico"

Keduanya hanya saling tatap. Hingga larut malam, mereka masih terus berbincang-bincang. Mungkin saja ini jadi perbincangan terpanjang, sebelum Hijrahnya dimulai.

Bagi kupu-kupu Monarch, hijrah bukan hanya sebuah perpindahan. Hijrah juga berarti sebuah perjalanan. Perjalanan yang tidak sepi akan rintangan. Kebertahanan merupakan sebuah keharusan. Hidup dan mati bukan sebuah pilihan. Mereka adalah kepastian. Jika tidak hidup maka mereka harus mati. Permasalahannya hanya satu, mereka mampu hidup di hutan persinggahan yang keberapa, atau mampu bertahan di metamorfosa ke n kali. Atau bahkan, mereka bisa jadi harus meninggal di hari ke sekian perjalanan mereka.

Keesokan harinya, Ketua rombongan sudah memutuskan kapan monarch di timur pegunungan rocky mulai hijrah. Dua hari lagi mereka akan memulai perjalanan. Seluruh rombongan mulai mempersiapkan pelatihan, mempersiapkan makanan dan amunisi untuk perjalanan mereka.

Tahun ini Monarch akan berhijrah lebih cepat. Hal ini karena musim semi datang jauh lebih dini. Biasanya mereka akan mulai berhijrah di akhir bulan agustus. Namu di tahun Ini tanggal 12 Agustus rombongan sudah mulai harus berhijrah untuk mencari hutan yang lebih hangat.

Dua hari lagi. Ya dua hari lagi, monarch akan berhijrah. Elianor begitu antusias mendengarnya. Dua hari lagi dia akan melakukan perjalanan menakjubkan. Keluar dari hutan hangatnya yang cukup menyenangkan. Melihat dunia luar. Terbang jauh. Namun ia juga sedih. Karena perjalanan yang akan dilakukannya terang saja penuh risiko dan rintangan. Terlebih mengingat ucapan ibunya dimalam sebelumnya.

*bersambung

Anak-anak #harike3


Apa yang kamu suka dari seorang anak kecil?

Apa yang kamu suka dari seorang anak kecil?.
Kalo aku aku selalu jatuh cinta pada bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi.

Saya mungkin mudah sekali badmood. Beberapa kali bahkan bisa tiba-tiba jadi tidak dalam kondisi yang baik. Padahal lima menit sebelumnya saya baru saja ketawa-tawa. Yagitu ai. Up and down. Baperan. Apalagi? Labil. Ya tapi emang kenapa?. Masih suka bingung sama manusia yang suka gerah kalo liat orang lain labil.

Manusia kan gitu hobi banget ngurusin hidup orang lain -_-.
Yaudahsi kalo ada orang labil yaudah gituu. Gausah diurusin yakan. Keliatan banget hidupnya kurang kerjaan.

Okeee anyway. Ini mau cerita. Saya mungkin tipe orang moody-an. Tapi saya selalu punya obat untuk mengatasi ke unmoodan saya. Salah satunya adalah ngeliat foto-foto anak kecil. Anak kecil itu lucu. Mereka selalu punya ekspresi yang ga bersalah. Masih polos. And you know, senyumnya ngga pernha bohong. Kalo mereka lagi bete ya pas di foto bakalan cemberut. Kalo lagi seneng ya bakalan ketawa gitu kan?. Ngga ada mahluk paling jujur kecuali anak-anak.
Samaa, kaya ponakan kesayangan namanya Kinara.
Umurnya baru 7 tahun. Dia keponakan paling lucu. Paling cantik hhhaaa. Kalo ketemu selalu panggil "atee"
kadang mami. Apapun lah yang penting dia seneng.
Dan entah kenapa setiap capek, gegara di ajak main sama ara. Capeknya hilang pas liat dia bobo di pangkuan saya.
Dlu pernah marah karena ara heboh minta eskrim.
Makan belepotan, mana di kebun binatang waktu itu.
Tapi pas perjalanan pulang di bis, dia bobo pules banget dipangkuang saya. Dan bobonya itu meluk. Ngga tau kenapa, rasanya semua marah, panas, bete, ilang gitu aja. Mungkin itu yang dimaksud
the power of children charming.  Ahaha anyway, jadi kepengen punya dedek bayi kaaan. Hhheu. Kuliah dulu ay, baru punya adek bayi ahaha.
Nah kalo kamu, kamu suka ngga sama anak kecil, mas?

Persinggahan atau Tujuan #day2


" jadikanlah aku tujuan, bukan tempat singgah yang bisa kau tinggalkan sewaktu-waktu"

" jadikanlah aku tujuan, bukan tempat singgah yang bisa kau tinggalkan sewaktu-waktu"

Hemmm jadi hari ini mau nulis yang agak dewasa. Semaleman saya duduk di bis di depan mba-mba yang curhat sepanjang jalan sama temen sebelahnya.  Hee aku ngga nguping, salah siapa mbaknya curhatnya suaranya gede banget kan kedengeran yhaa --_--

Anywaay jadi ini sepenggal percakapan mereka
Mba-mba baper : aku tuh yaa gapapa dia nakal kemana-mana dulu yang penting nnti baliknya ke aku
Mba-mba ceria : leeeh, kok kamu mau sih bekasan orang?
Mba-mba baper : gapapasih, jd ntr dia udah puas nakal, udah setia sma aku
Mba-mba ceria : ya kalo ke kamu akhirnya, kalo akhirnya ga ke kamu gimana?
Mba-mba baper : ihh ya enggaklah dia bilang dia sayang aku kok.
*lalu hening*
Mba-mba baper : helaaah kok kamu jahat sih? Aku jd galau nih.

Jadi itu sepenggal obrolan mereka yang ngga sengaja kedenger telinga ini. Aaaa wanitaa emang gitu kaan -_-

Another-shitty-girl-think is gapapa cowok gue nakal, kemana-mana dulu yang penting ntar baliknya ke gue. It's a stu pi di ty thing i know. Perempuan itu gitu, dia sering berpikir bahwa dia adalah rumah yang mampu disinggahi pria yang dia cinta. Jd tempat istirahat ketika lelah lalu berkesempatan jd tempat yang sewaktu-waktu di tinggalkan.

Kalo menurut saya itu bukan rumah. Tapi stasiun. Iyaa stasiun yang jadi tempat bersinggah ketika kamu tidak harus berpergian, dan ditinggalkan ketika ada tujuan lain yang harus di capai.
See kamu bukan tujuan dia, tapi hanya persinggahan. Selingan. Bukan sesuatu yang harus di capai.
Tapi banyak perempuan puas dengan posisi ini. Atau bahkan banyak yang menempatkan diri di posisi ini.

Perempuan itu punya harkat yang tinggi. Seorang ibu, punya surga di telapak kakinya, merupakan godaan terbesar bagi pria. Tapi banyak perempuan tidak memposisikan dirinya di harkat tertinggi itu.

Semua wanita punya hak dan kesempatan untuk diperjuangkan. Untuk dijadikan tujuan. Yang ketika kita memposisikan diri pada tingkatan itu berarti kita harus siap untuk menunggu. Menunggu yang tidak pernah mudah. Menunggu yang bisa jadi melelahkan. Karena menunggu sendiri bukan perkara sederhana. Tapi peremouan harus menempatkan dirinya di posisi terbaik. Sebagai tujuan. Bukan tempat persinggahan.

Jadi kamu masih mau jadi persinggahan yang ditemui ketika sedang senggang dan tak ada tujuan. Atau mau jadi tujuan dari hidup seorang pria?.

Welcome June


Sedang mempersiapkan semangat untuk melawati bulan terakhir di semester empat. Astaga semester empat. Ai kamu sudah tua. Hha!

Hap hap hap hap hap.
Sedang mempersiapkan semangat untuk melawati bulan terakhir di semester empat. Astaga semester empat. Ai kamu sudah tua. Hha!.
Iyaa 2015 ini terasa begitu cepat. Terlalu banyak cerita yang harusnya mampu dimasukkan kedalam kapsul. Masa lalu yang mampu memberikan banyak pelajaran. Dan memang harus dibelajari. Om tedjo dulu pernah bilang, masa lalu ada untuk di tengok sekali-kali dan dipelajari. Bukan untuk disesali.

Apapun yang sudah terjadi di bulan mei. Semua pasti memiliki kekhilafan, dan makna dibaliknya. Mei yang begitu jatuh bangun. Mei yang miserable. Tapi mei juga yang membahagiakan. Mei yang buat saya senyum-senyum tiap malam. Jadi mei ini?. Ah banyak yang harus disyukuri di bulan mei. Dari air mata, jatuh dari motor, diantar kamu, nengok tengah malam kerumahsakit, dan jatuh cinta, wawancara beasiswa, gagal pulang sampe kesampean pulang.

Ahhh ingin mengucapkan banyak-banyak terimakasih untuk bulan mei. Terimakaasih atas banyak makna yang diberikan. Banyak pengalaman yang di sodorkan. Terimakasih. Semoga mampu bertemu mei 2016. Semoga mei yang akan datang masih sama baiknya.

Lalu ingin mengucapkan selamat datang pada bulan Juni 2015. Halo!. Kamu masih sama ya masih bebunyi juni. Semoga rasamu tidak senanonano tahun kemarin. Jadi juni yang baik. Yang sebaik Mei. Jadi Juni yang Manis. Jadi Juni yang penuh cinta.

Mari Juni kita isi setiap harimu dengan tawa. Mari kita isi Juni dengan semangat. Dan tentu saja sukses UAS.

Juni ini mungkin akan mencoba ikut menulis bareng nulisbuku di #NulisRandom2015 nanti kalo saya absen sehari, saya akan menghukum diri saya untuk membelikan orng lain 1 buah ice cream alfamidi. Hahaha okee hukuman yang setimpal. Jadi mari menulis lagi setiap hari.

Ps : revolusi Juni 2015. Stop wishing nd start doing. Doing to be slim. Excercise more!. 65kilos to go pfft. Than success final exam. And than write more!. Fight sist.

Daddy little girl


"bapak, have i said it to you?. Even if i have a prince one day. You will be my handsome king ever. "

" bapak, have i said it to you?. Even if i have a prince one day. You will be my handsome king ever. "

Jadi ceritanya, bapak kayanya mulai mencium bau-bau kalau anak perempuannya ini udah dewasa *tsaaah*. Iyaa jadi ceritanya bapak tetiba iseng nanya, tadi lewat BBM

Bapak : yayang lagi apa?
Aku : lagi survei pak di gunung
Bapak : oh, sama siapa?
Aku : sama temeen pak,
Bapak : temennya perempuan atau laki-laki?
Aku : perempuan pak... yakalii -_-
Bapak : ohhh, eh yayang udah punya pacar ya sekarang?
Aku : paaak, ngelawaaak yaaa? --____--

Liat tuh mas wahyuu, masa bapak sekarang jadi hobi kepo-kepo ke aku. Kalo kamu masih ada disini harusnya yang kepo itu kamu. Harusnya kamu njagain adekmu ini biar ga gampang jatuh hati. Tapi kamu malah pulang duluan. Tapi aku yakin kamu pasti ngeliatin aku dari atas sana. I believe it broo..

Sebenernya ini antara geli sama seneng. Tumben banget bapak kepo. Padahal ya dulu jaman SMA, mau main sama cowok ga akan ditanyain. Duduk sebelahan berjam-jam ga akan pernah ngobrol.
Iya mungkin ini karena jarak yang memisahkan kita.

See, jarak itu selalu mampu mengajarkan banyak hal, terkadang kita perlu untuk menjauh supaya mengerti apa yang disebut rindu.

Iya mungkin bapak kangen sama princessnya.
Singkat cerita bapak ini sepertinya lagi ikutan galau karena princessnya galau. And he conclude that his princess were fall in love with someone raith now.

Ga salah sih, cuma geli ajaa masa bapak tiba-tiba jadi hobi kepoin anaknya. Cuma ya lucu juga sih. Ga pernah di kaya giniin sama bapak sebelumnya. Biasanya yang ngepoin paling mas adit, mas risang, sama ari.

Bapak, gimana kalo yayang benar-benar  jatuh cinta pak?.

Dia bukan pria sempurna pak. Karena aku tidak ingin punya pria yang sempurna. Cukup dia yang mampu membahagiakan aku, mampu membuat aku tertawa lepas, mampu membuatku menjadi diri sendiri di hadapannya. Dia tidak harus punya IPK tinggi. Dia hanya perlu menyayangi ibunya dengan baik. Karena dengan begitu ia mampu mencintai perempuan lain sebaik itu pula.

Iya karena anak perempuanmu ini juga tidak sempurna pak. Anakmu cuma bisa begini, marah ketika pe em es, ngambek kalau di cuekin, suka tidur kalau naik motor. Kamu tau kan pak aku bahkan sering ceroboh memecahkan gelas, atau lupa menaruh barang di tempat semulanya.

Maka dari itu pak, dia tidak harus sempurna. Karena bersama dengannya, aku mampu menyempurnakannya, dan begitu sebaliknya.

Bapak bagaimana kalo anak perempuanmu ini jatuh cinta?.
Apakah kamu mampu membiarkan aku mencintai pria ini pak?.

Pak anak perempuanmu sepertinya benar-benar tengah tertambat hatinya.

Ps : kamu tidak harus jd super tampan. Karena buat saya mau seganteng apapun kalo solat tepat waktu saja lalai, gimana dia bisa bertanggungjawab akan hidupku setelahnya?

Bahagiamu, kepentinganku.


Bahagia yang luar biasa itu ketika, kebahagiaan kita menjadi kepentingan seseorang.

Bahagia yang luar biasa itu ketika, kebahagiaan kita menjadi kepentingan seseorang.

Bahagianya ai itu sederhana kak...
Kamu tidak harus lari jungkir balik, ngelawak sambil kayang, atau belikan aku satu truk coklat untuk membuatku bahagia.

Bahagiaku cukup, kamu mampu untuk selalu ada disini.
Menggenggamku ketika aku tidak yakin.
Menyemangatiku ketika aku terpuruk
Mengingatkanku ketika aku salah.
Menyiapkan masa depan kita berdua.

Bahagiaku sederhana kakak...
Kamu tidak harus cukup tampan untuk membuat aku senyumsenyum buaya.
Kamu tidak harus cukup kaya, supaya mampu mengajakku makan malam di kafe mewah.
Kamu tidak harus cukup pintar. Karena aku pun tertarik untuk menertawakan awan dari pada rumus alkali tanah.

Bahagiaku itu mudah kak,
Kamu cukup duduk disampingku berjamjam. Tak perlu bicara, atau mengoceh panjang lebar. Hanya dengarakan saja aku yang tengah marah-marah ini.
Kamu cukup mengajakku makan di warung lamongan. Aku cukup makan nasi telor penyet pake kubis yang digoreng.
Kamu cukup mengajakku keliling kota, atau pergi ke gedung tertinggi di kampus kita melihat bintang-bintang diatas sana.

Bahagiaku? Bahagiaku itu cukup kak. Cukup Melihat kamu bahagia. Dan menjadi alasan atas kebahagiaanmu itu. Cukup kak. Cukup membahagiakanku.

Ps : lagi galau. Lagi berantakan. 2 minggu ini udh kaya zombie. Tiap malem kerjaannya nangis. Tiap malem kerjaannya marahmarah sama diri sendiri. Lagi capek. Ingin pulang kerumah. Bogor, pulangkan aku ke ibu bapakku sebentar. Aku butuh piknik. Cobaaa, masih adakah orang yang seperti itu. Yang bahagiaku merupakan kepentingannya. Oh tentu saja msih. Masih ada bapak kok. Yang selalu berusaha membahagiakan anak perempuan satu-satunya ini. Iya Ingin pulang sekarang. Bapaaaak yayang capek. :"(

Daendra


Namanya Deandra. Perempuan centil, paling bawel, paling heboh yang suka rusuh. Matanya sipit, bulu matanya lentik. Hidungnya tidak mancung.
Ff ini ditulis untuk mengikuti sayembra FF2in1 bersama Nulisbuku.com dan twitter @nulisbuku
Kaesang,
Namanya Deandra. Perempuan centil, paling bawel, paling heboh yang suka rusuh. Matanya sipit, bulu matanya lentik. Hidungnya tidak mancung. Bahkan pipinya sangat cubby. Tapi siapa yang tahu, perempuan di depanku inilah yang telah mencuri hatiku.
Deandra, ocehannya yang selalu terdengar seperti repetan petasan di telingaku, "kaesang kamu tuh ya kalo misalnya naik motor tuh pake jaket, badan cuma satu tuh harusnya di sayang-sayang". Meskipun terkesan bawel, dan suka ngomel-ngomel aku tahu bahwa Deandra sebenarnya begitu memperhatikan aku. Ah Deandra anda saja kamu tidak tahu busuknya aku, atau kita tidak menjadi friendzone begini apakah kamu masih mau dengan pria paling pengecut di dunia ini de?.
Aku begitu ingat, perempuan yang cukup manis, meskipun tidak secantik pevita pearce, yai yalah pevita perce cantiknya parah banget, mana mungkin kamu bisa nyaingin dia de, tapi de asal kamu tahu, pevita pearce gapernah bisa bikin hatiku adem kaya kalo lagi sama kamu. Peremouan inilah yang bisa mendekatkan aku lgi pada tuhan. Deandra yang pernah bilang "pria kalo ngga bisa nepatin kewajibannya sama tuhannya gimana coba dia mau nepatin janji dia ke perempuan yang dia suka sang. Ah pantes aja kamu jomblo ngenes gini". Ucapnya acuh. Deandra memang begitu caplas-ceplos. Bagi dia tidak ada toleransi untuk menjadi tawakal. Ya itulah deandra, kalo tidak seperti itu bukan deandra namanya.
Seperti yang kita lakukan sekarang de. Matanya mentap wajahku lekat-lekat. Aku yang tengah menyembunyikan gugup hanya pura-pura menyedot-nyedot isi teh kotak ku. Lalu dengan gatelnya Deandra merebut teh kotak yang memang sudah kosong itu
"KAESANG. LIHAT DEH SUDAH JAM 11.30. Sebentar lagi itu Sholat Jum'at sanah mandi kek, apa kek, siap-siap kek. Laki-laki yang sholeh itu jam segini udah cakep pake koko terus siap-siap berangkat ke masjid sang."
" iyeee baweeeel amat sih ndut, ini gue mau berangkat. Orang udah bawa koko juga kok di tas week". Jawabku lalu mencubit pipinya. Ahh pipi Deandra memerah. Lucu. Menggemaskan.
Dia tepiskan tanganku, lalu membenahi krudungnya yang juga ku acak-acak. "Ahhhh esaang, Yaudah sana sholat jum'at dulu biar ganteng".
"Eh sholat jum'at itu bukan buat ganteng. Tapi untuk menunaikan kewajiban sebagai pria, " jawabku, "dikutip dari Deandra 2015".
Lalu kulihat senyum di wajahnya mengembang. Ah dia pasti senang aku mengingat segala petuahnya. Ah deandra, andai saja kita bisa lebih jujur satu sama lain mengakui perasaan diantara kita.
Deandra, lagi-lagi nama itu yang teringat. Wajah itu yang terbayang. Hatiku selalu saja mampu berdegup kencang jika dia sudah berjalan di sampingku. Perempuan itu selalu punya banyak cara membuatku terpaku padanya. Kali ini aku tersenyum-senyum banci. Sampai bapak-bapak disebelahku melihatku keheranan. Karena khutbah jum'atnya memang tidak lucu. Tapi wajah deandra sangat lucu.
Dia memang tidak se perfect putri Indonesia yang kalau jalan harus pake sapatu haknya 10 cm. Aku bahkan takut kalo harus membayangkan deandra pakai hak 10 cm, bisa-bisa dia menancapkan haknya ke kepalaku kalau dia sudah mulai kesal. Dia memang tidak se ayu mojang di kampusku. Siapa namanya citra, atau marina, alah pokoknya namanya kaya produk handbody. Tapi Deandra mampu menghipnotisku dengan semua kata-katanya, cerita ajaibnya, keluarganya yang sangat lucu, dan juga ketulusan hatinya.
Bagaimanapun juga Deandra sangat pantas untuk dicintai. Bahkan di perjuangkan. Ah deandra, mau sampai kapan lagi de kita begini. Terus menipu diri masing-masing?. De masihkah kamu pura-pura buta bahwa aku begitu mencintaimu?.
Deandra
Kaesang, aku membunutinya hari ini. Menemaninya pergi ke masjid dekat kampus, memastikannya ikut sholat jum'at. Sembari menunggunya aku menyempatkan ikut keputrian di aula masjid. Ah kaesang sejak kapan kamu mampu membuat aku degdegan seperti ini. Ini memalukan kaesang. Dan ya bagaimana mungkin. Bagaimana mungkin kamu mampu jatuh cinta padaku. Bahkan disaat kamu mampu mendapatkan Tiara Mojang kampus kita yang cantik dan tergil-gila padamu. Dan aku?aku disini seperti punuk. Punuk yang terlalu merindukan bulan. Iya kamu bulannya sang. Kamu yang tidak mungkin aku miliki. Kamu yang tidak mungkin jatuh cinta pada punuk ini. Tidak mungkin sang. Tidak mungkin.
Bukankah aku harusnya bersyukur, bisa berada sedekat ini denganmu. Punuk ini seharusnya tidak minta lebih darimu. Sudah cukup sang, bisa menamanimu sholat jum'at atau sekadar mengingatkanmu untuk sholat 5 waktu. Ini terlalu cukup. Punuk ini seharusnya bersyukur ya kan sang?

Posted via Blogaway

Aidan song's


Kedai kopi ini semaki larut bukannya semakin sepi, namun semakin hangat. Aku laku menyesap lagi secangkir mocachino hangat yang kupesan sejak tadi.

Ff ini ditulis untuk mengikuti sayembara menulis FF2in1 bersama nulisbuku.com dan twitter @nulisbuku
Kedai kopi ini semaki larut bukannya semakin sepi, namun semakin hangat. Aku laku menyesap lagi secangkir mocachino hangat yang kupesan sejak tadi. Lalu dia perempuan ku, cintaku, bidadariku tengah duduk di hadapanku. Memegang satu cangkir toraja coffe, yang paling enak di kedai ini. Telinganya disumpal rapat-rapat dengan i-pod nya. Sesekali bergumam kecil menyanyikan lagu yang ia dengarkan. Bahkan ia mengabaikan celindion tengah menyanyi merdu soundtrack titanic di ruangan ini. Andai aku bisa memelukmu aira, andai lelaki pengecut ini bisa memelukmu bukan sebagai sahabat tapi sebagai pria.
Aira tiba-tiba saja mata itu melirikku, oh tidak matanya begitu bulat, bulu matanya lentik, bahkan lebih indah dari mata artis bollywood sekalipun. " alaan, ko bengong aja? Biasanya lo ngga suka ndengerin celindion deh kenapa jadi anteng gitu ndengerin celindion, biasanya kalo di gramed aja itu kuping udah di sumpel sama secondhand serenade"
" lagi males ajaa, lagi pengen dikorek kupingnya pake suara merdunya si celi niih" jawabku sekenanya saja. Ah Aira andai saja kamu tahu aku bahkan tengah membayangkan bisa memelukmu di kafe ini, seperti yanh ada di adegan titanic. Eh ngga lebay sih soalnya kan ngga ada kapal besar disini.
Aku bisa menebak apa yang tengah ia dengarkan dari ipodnya, paling banter lagu-lagunya si macho smith, atau lagu jazz nya si mocca, ten2five, atau si gembul Tulus. Ah aku bahkan hafal semua lagu yang ia suka. Ia selalu suka lagu jazz, lagu lembut, pop seperti kepunyaan si katty cat, atau demi lovato. Jangan tebak Aira pecinta boyband, karena kita sama-sama menganggap bahwa boyband ini adalah mahluk-mahluk astral yang nyanyi-nyanyi sok kecakepan di stage sambil goyang dumang. Yesh we hate it.
Aku masih ingat adegan waktu itu ketika kita berebut i-phod di kelas bahasa, yang berujung kami sama-sama dikeluarkan dri kelas. Itu semua karena Aira memaksa melihat isi i-podku. "Gue bisa menebak orang dari daftar lagunya" katanya berbisik di telingaku lalu tersenyum. Ah Aira tersenyum
"Bohong" jawabku lalu mengedikkan alis.
"Seriuuus" jawabnya, lali tiba-tiba saja tangannya sudah menggrepe-grepe saku ku, lalu menemukan i-pod ku disana.
" nah kan bener, Alan sosio widjaya, sudah ketebak lagu-lagumu nak, MCR, Secondhand, scorpio, omaygat itu jadul banget, terus apa ini lo nyimpen bokep ya lan ko ada victoria secreat. Ih alaan bokeeep!!" Sahutnya kemcang, yang kemudia ku bungkam mulutnya dengan kedua tanganku.
Akibatnya seluruh kelas menengok ke arah kami dan tidak lebih dari 2 menit dosen kami menyuruh kami untuk hengkang dari kelas.
Akibat ulahnya itu aku meminta ganti rugi dengan boleh mengobrak-abrik isi i-podnya, "sini gue juga harus liat isi i-pod lo!". Lalu Aira menyerahkan I-podnya, dan dia segera berlari ke kantin kampus memesan semangkuk mie goreng dan es teh. Aku lalu duduk di depannya melihat daftar playlistnya, like what i said isinya cuma, katty cat, demi lovato, selena gomes, oh dia juga punya teh script kemajuan lah ya, dan satu play list yang berjudul "Aidan song".
Dan saat itu juga aku menyadari bahwa Aira tidak jatuh cinta padaku. Dia jatuh cinta pada Aidan, teman satu organisasiku, temanku dan aira. Bukan aku. Tapi Aidan.
Ya sama seperti di malam ini aku duduk menemaninya di kedai kopi. Setelah tiba-tiba jam 11 malam dia menelfonku minta di jemput di indekosnya. Aku pikir dia sakit kepala lagi. Tapi ternyata saat aku sampai dia tengah menangis. Dan ternyata Aira baru saja dapat kabar, kalo Aidan lusa akan bertunangan. Aidan akan bertunangan dengan teman kecilnya. Yang juga sahabat aira di kampus.
Dan malam ini pertama kalinya aku melihat Aira menangis sambil tersenyum. Entah apa yang ada di otaknya sekrang ini. Namun aku begitu ingin mendekapnya saat ini juga. Oh Aira andai saja kamu tahu, anytime you need me i'll be here for you ra. So just look at me once, like a man. Not your shit best friend. And i hate what we call us best friend. It a shit ra. Karena gue sayang banget sama lo. Bukan sebagai sahabat. Tapi sebagai wanita ra.
Kembali wajah itu, menatap ke jendela favoritnya yang menghadap ke jalan raya. Cahaya mobil dan lampu jalan yang cantik terkena pias air hujan. Wajah itu lagi membuatku ingin berteriak, mata cantik itu menitihkan air mata. Namun bibirnya lihat bibirnya tersenyum sempurna. Lihatlah perempuanku, ya namanya Aira, dia adalah bidadari tuhan yang begitu pandai berbohong.

Posted via Blogaway

Wondering(nothing)


Aku kerap sekali bertanya-tanya apa sebenarnya isi hati seseorang

Aku kerap sekali bertanya-tanya apa sebenarnya isi hati seseorang
Hati manusia siapa yang tahu?. Gitu kan selogan yang sering diagung-agungkan. Di mulut sih ngomong a tapi hatinya siapa yang tahu?. Barang kali bertolak belakang barang kali menyimpan beberapa dendam.
Bahkan sampai abang saya kalo nanya sesuatu ke saya selalu bertanya dua kali dengan penekanan. Contohnya
Abang : Ai gapapa angkat kardusnya sendiri?
Ai : ngga apa-apa bang.
Abang : ini jawaban laki-laki atau perempuan?
Ai : jawaban lakilaki*
Jawaban laki-laki yang dimaksud adalah bahwa ngga apa-apanya emang gapapa. Kan perempuan emang suka gitu kan bilangnya gapapa tapi sebenernya kenapa-napa. Yagitu deh cewek. Makanya saya suka males kalo main sama cewek wkwkkwkw.
Iyaa gitu, and sometimes i always wondering what is on others people heart. Kadang suka mikir jangan-jangan dia gasuka gue, atau jangan-jangan dia sebenernya dendam sma gue. Liaaat tuh kaan ai mah sukanya gitu insekyur terus. Iya gimana mau percayaan sama orang kalo hal menye gini aja suka curigaan. Hmmm.
Apalagi hatinya perempuan. Bahkan kata aan mansyur lautan di dunia kalah dalam dengan isi hati perempuan, kita tidak pernah tau luka apa yang dia simpan dibalik senyumannya.
Sebenernya nulis ini karena sedang dihadapkan pada kenyataan bahwa apa yang kamu lihat belum tentu seperti apa yang dirasakan hati.
Ada dua orang yang saya kenal, mereka begitu akrab, bahkan sangat akrab. Tapi ternyata mereka tengah saling mendustai hati masing-masing. Mereka jatuh cinta pada seseorang yang sama. Mereka terlihat baik-baik saja di mata saya tidak ada kompetisi atau bahkan saling tikam. Namun dibalik itu semua mereka kerap sekali membicarakan keburukan satu sama lain. Kasat mata. Begitu halus, namun menjijikan. Saya bilang hal ini menjijikan karena, mereka tidak lebih dari sekedar fake plastic tree. Palsu, muka dua, muka ular, muka panda, muka sapi, ya itulah muka yang suka bohong.
Lihat orang yang bahkan begitu dekat, lebih dekat dari mata kaki ke jempol kaki kita aja bahkan mampu berbohong pada diri kita sendiri. Itu kenapa saya menjadi semakin sering bertanya-tanya. Apa yang ada di hati orang lain. Apa yang tengah mereka fikirkan tentang saya?.
Bukan, bukan karena saya kurang kerjaan, atau karena saya kepo, tapi karena saya takut. Takut percaya pada orang lain. Saya takut kecewa. Karena bagi saya ketika saya sudah mampu memperfayai orang lain saya tidak akan ragu menceritakan apa yang ada di diri saya, meski itu hal terburuk sekalipun.
Yaa memang betul kecewa terkadang muncul ketoka kita berharap pada yang bikan Alloh. Lalu apa saya salah kalau saya ingin mempercayai teman saya?.
Entahlah belakangan ini hanya sedang bingung memendam semuanya sendiri. Karena, karena sekarang sudah tidak punya orng yang bisa dipercaya lagi untuk menampung segala macam cerita.
Lalu mereka bilang, ketika kamu lelah ai, tidak ada pundak untuk bersndar, tidak ada rumah untuk pulang, kamu masih punya Alloh kok untuk cerita, untuk bersujud, dan untuk pulang.
Lalu, sekali lagi, misteri isi hati manusia memang tidak ada satupun yang tahu, kecuali Alloh.

Posted via Blogaway